androidvodic.com

GMF AeroAsia Kini Dipercaya Perbaiki Komponen Pesawat Airbus A320 dan A330 - News

News, JAKARTA – Airbus resmi menunjuk GMF AeroAsia mengelola layanan perbaikan beberapa komponen pesawat Airbus A320 dan Airbus A330 buatan Airbus. Kesepakatan kerjasama ini ditandatangani pihak Airbus dan GMF AeroAsia di Jakarta, hari ini, Selasa (2/4/2019).

Airbus A320 saat ini banyak dioperasikan oleh maskapai penerbangan lokal Citilink, AirAsia dan Grup Lion Air. Sementara, pesawat berbadan lebar Airbus A330 di Indonesia dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Grup Lion Air.

Kepercayaan yang diberikan Airbus kepada GMF AeroAsia adalah melayani jasa perawatan, perbaikan, dan overhaul (MRO) pesawat A320 dan A330 untuk operator penerbangan di Indonesia dan Asia Tenggara langsung dari fasilitas perawatan milik GMF di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten.

Dengan kerjasama ini maskapai penerbangan bisa memangkas biaya dan waktu yang diperlukan untuk perbaikan pesawat secara signifikan.

Penandatanganan perjanjian antara Airbus dan GMF AeroAsia telah dilaksanakan hari ini di hangar GMF yang bertempat di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Perjanjian kerja sama ini sejalan dengan komitmen Airbus Flight Hours Services (FHS) untuk memberikan komponen secara tepat waktu, di mana pun mereka dibutuhkan. Hal ini juga memperkuat kesuksesan kemitraan jangka panjang antara Airbus, Garuda Indonesia dan GMF AeroAsia serta menunjukkan dukungan kami terhadap perkembangan sektor aviasi Indonesia,” kata Bruno Bousquet, Airbus Head of Customer Services, Asia Pacific.

Baca: Di Program #ScaniaTransJawa, United Tractors Kenalkan Kembali 2 Chassis Bus Premium Scania

Tazar Marta Kurniawan, Direktur Bisnis dan Base Operation GMF AeroAsia menyatakan kerjasama ini merupakan perpanjangan dari hubungan kerja sama yang sukses dengan Airbus.

"Kerja sama ini akan membuka peluang bagi GMF AeroAsia untuk meningkatkan kemampuan, dan mendukung lebih banyak operator di Indonesia dan wilayah sekitarnya,” ungkap Tazar Marta Kurniawan.

Airbus dan GMF AeroAsia juga memiliki hubungan jangka panjang terkait kerja sama pelatihan perawatan pesawat.

Kerja sama ini membuka peluang bagi GMF AeroAsia untuk menawarkan pelatihan perawatan pesawat dengan sertifikasi Airbus dari fasilitasnya ke seluruh pelanggannya di Asia Tenggara.

Airbus dan Garuda Indonesia telah menjadi mitra sejak 1979 ketika maskapai nasional tersebut memesan Airbus A300B4s.

Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 24 pesawat berbadan lebar Airbus A330, sementara anak usahanya, Citilink, mengoperasikan 51 unit Airbus A320. Garuda Indonesia juga telah memesan 14 unit pesawat berbadan lebar A330neo.

Training Center

Sebelumnya, Airbus dan GMF AeroAsia sudah menjalon kerjaasama untuk fasilitas training center. Di bulan Juli 2018, Airbus dan GMF AeroAsia telah memperbarui perjanjian kerja sama berjangka 5 tahun dengan Airbus untuk fasilitas Airbus Training Center di Indonesia.

Kerja sama Airbus Training Center ini menjadikan GMF sebagai pusat pelatihan perawatan pesawat milik Airbus untuk tipe A320 CEO dan A320 NEO.

GMF AeroAsia dan Airbus saat itu juga menyepakati penambahan cakupan pelatihan untuk Engine Ground Run Up Airbus A320 dan A330 serta untuk Extended-range Twin-engine Operational Performance Standards (ETOPS) Training.

Kesepakatan ini membuat GMF menjadi satu dari 11 Airbus Training Center yang ada di seluruh dunia. GMF AeroAsia juga menjadi MRO pertama di regional yang mendapat kepercayaan dari Airbus sejak 2015.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat