androidvodic.com

Bos Lion Air Rusdi Kirana Setuju INACA Laporkan Soal Regulasi Tiket Pesawat ke Ombudsman - News

News, JAKARTA - Pemilik Lion Air Group Rusdi Kirana buka suara soal laporan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) terkait dugaan maladministrasi regulasi tiket pesawat ke Ombusman RI.

Menurutnya, laporan tersebut wajar dilontarkan di negara demokrasi seperti Indonesia.

Lion Air sebagai anggota INACA juga setuju dengan adanya laporan tersebut.

"Setuju saja (INACA laporkan kepada Ombudsman) Tidak apa-apa, kan negara demokrasi," ucapnya saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Senin (22/7/2019).

"Jadi bukan Lion ikut laporan, Lion Air adalah anggota INACA," imbuhnya.

Rusdi Kirana, sang pendiri Lion Air.
Rusdi Kirana, sang pendiri Lion Air. (Kompas.com)

Meski begitu, Duta Besar RI untuk Malaysia itu tak menjelaskan lebih rinci soal isi dari laporan tersebut.

Sebelumnya, Asosiasi maskapai Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) melaporkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ke Ombudsman terkait dugaan mal administrasi dari Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dalam aturan itu, maskapai penerbangan diminta menurunkan tarif batas atasnya sebesar 12 sampai 16 persen.

“INACA mengadukan ke Ombudsman dugaan mal administrasi terkit Kepmenhub 106 tahun 2019,” ungkap Anggota Ombudsman Alvin Lie kepada Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta semua pihak untuk mencari solusi bersama terkait permasalahan harga tiket pesawat.

“Nanti kita lihat. Tapi intinya, kita jangan berkelahi dengan masalah. Kita mencari solusi,” ujar Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kebijakan pemerintah menurunkan harga tiket pesawat jet LCC dengan jadwal tertentu tidak menyalahi aturan atau seperti yang dipersoalkan dengan INACA.

"Kami beri yang terbaik untuk masyarakat mulai dari TBA dan tarif murah. Insyallah sesuai dengan koridor," ucap Budi di kompleks istana, Jumat (19/7/2019).

''Laporkan Saja''

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat