androidvodic.com

Wapres JK Sarankan PLN Jalankan Lagi Proyek Transmisi Kabel Bawa Laut Sumatera - Jawa - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Wakil Presiden menyayangkan insiden pemadaman listrik total di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat pada akhir pekan lalu.

Untuk itu dia menyarankan, agar ke depan PLN dapat melanjutkan proyek transmisi High Voltage Direct Current (HVDC) 500 kV Sumatera Jawa atau
transmisi kabel bawah laut yang dibatalkan sebelumnya.

Ia menambahkan, dengan adanya HVDC Sumatera - Jawa itu diharapkan menjadi solusi jika pembangkit di wilayah timur mengalami gangguan, pasokan listrik tetap aman dari wilayah barat atau Sumatera.

"Sistem energi itu harus bertingkat, harus punya pengaman, harus lebih tinggi cadangannya. Itu bagaimana ada Sumatera-Jawa GRID jadi tersambung itu kabel bawah laut. Sehingga kalau ada masalah di Jawa Barat terputus dengan Jawa Timur, ada dari Sumatera," ungkap JK yang ditemui di kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

JK menuturkan, proyek Sumatra-Jawa Grid dibatalkan karena PLN menganggap pasokan listrik di Pulau Jawa sudah tercukupi. Padahal, kebutuhan listrik berkembang dengan banyaknya penduduk dan pelayanan publik.

"PLN harus bikin lagi. Setidaknya 6.000 (Mega Watt/MW), terus menerus hingga jadi 30.000 MW minimum. Kalau tidak penduduk bertambah berapa? Industri bertambah, bahkan semua orang di kantor Lurah pun pake AC," ucapnya.

Insidn padamnya aliran listrik berjam-jam itu, merupakan efek domino (domino effect) dari rusaknya satu transmisi yang kemudian merembet ke transmisi lain.

Baca: Cerita Jusuf Kalla saat Listrik Padam dan Sinyal Buruk, Susah Mau Hubungi Menteri-menteri

Menurutnya, saat itu PLN tak cepat mengatasi kerusakan pada transmisi pertama.

"Jawa Barat dan DKI Jakarta bebannya melebihi kapasitas. Sama seperti Anda punya rumah, kalau beban melebihi kapasitas langsung konslet, turun sekringnya. Begitu juga (di tingkat nasional), beban besar jatuh ke satu pembangkit lalu jatuh lagi di pembangkit lain. Itulah listrik," kata dia.

Seperti diketahui, PLN membantah soal dugaan sabotase yang menyebabkan pemadaman listrik yang melumpuhkan Jabodetabek sekitar 10 jam itu.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan, Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV di Ungaran- Pemalang berdekatan dengan pohon berketinggian lebih dari 9 meter.

Pohon itu disinyalir menjadi pemicu hubungan singkat listrik lalu terbakar, sehingga mengakibatkan jaringan transmisi rusak fatal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat