androidvodic.com

Indef Khawatirkan Kerusuhan di Manokwari Papua Bisa Berdampak ke Investasi - News

Laporan Wartawan News, Ria Anatasia

News, JAKARTA - Wakil Direktur Eksekutif Indef, Eko Listianto menilai kerusuhan yang saat ini tengah terjadi di Manokwari, Papua Barat akan berdampak pada perekonomian Indonesia.

Eko khawatir bila berlangsung lama, kerusuhan tersebut dapat mengguncang iklim investasi RI. Alasannya, investor bisa menilai keamanan Indonesia kurang terjamin.

"Kalau berkepanjangan, biasanya dia punya impact ke persepsi investor," kata Eko saat ditemui di kanto Indef, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Apalagi, lanjutnya, Papua saat ini merupakan ikon investasi-investasi tambang Indonesia. Peristiwa itu dikhawatirkan akan memperparah kinerja investasi di Papua yang akhir-akhir memang sedang menurun.

"Terutama Papua kan kita kenal sebagai sektor- sektor yang banyak menarik investasi tambang," ujarnya.

Baca: KRONOLOGI AWAL Pecahnya Kerusuhan di Manokwari hingga Kondisi Papua Terkini

"Sekarang juga pertumbuhannya sedang sangat rendah karena investasi tambang di sana sedang tidak bagus kan. Impact ke ekonomi sih terutama terkait image keamanan investasi disana kalau berlarut-larut ya," jelasnya.

Terkait kontribusi Papua terhadap perekonomian nasional, menurut Eko, secara keseluruhan memang tidak terlalu besar.

"Kalau nilai secara total masih kecil cuma saya tidak tau (angka pastinya). Kalau kontribusi Freeportnya dari pajaknya cukup besar ya, Tmtapi secara makro Papua masih kecil, mungkin kurang dari 5 persen," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat pada Senin (19/8/2019) pagi.

Massa diketahui menyampaikan protes terkait dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di sejumlah daerah, seperti Malang, Surabaya, dan Semarang.

Akibat kejadian, aktivitas masyarakat, lalu lintas, toko-toko, hingga fasilitas umum pun lumpuh. Bahkan ada yang membakar fasilitas publik di antaranya.Gedung DPRD Papua Barat dan eks kantor Gubernur Papua Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat