androidvodic.com

Menteri Teten Minta Daerah Fokus Kembangkan Produk Unggulan - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, setiap daerah harus fokus dalam mengembangkan produk unggulan daerahnya masing-masing.

Teten menjelaskan, produk unggulan itu artinya sudah memiliki demand, berbahan baku lokal, dan memiliki kekhasan khusus sebagai faktor pembeda dengan produk daerah lain.

"Terlebih lagi, kita kaya akan komoditi bernilai tinggi di berbagai daerah", ujarnyadi Gedung Smesco Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Ia menambahkan, Jambi harus mulai mengembangkan produk unggulan di luar yang sudah ada seperti kelapa sawit, batubara, dan karet.

"Komoditas seperti itu sangat rentan bila terjadi perubahan iklim ekonomi global seperti yang terjadi saat ini. Saya usulkan, Jambi jangan hanya mengandalkan itu, tapi harus memperkuat produk-produk unggulan lain dari koperasi dan UMKM", kata Teten.

Baca: Didampingi Teten Masduki, Menteri Siti Nurbaya Berikan Penghargaan Tokoh-tokoh Hutan Sosial

Baca: Produk Unggulan dari Lima Pondok Pesantren di Jabar Ini Dipasarkan Hingga ke Turki

Baca: ISED Adalah Socio-Technopreuner Bergerak Dalam Pengkajian, Pemberdayaan dan Pelatihan

Teten pun menyebut produk kopi asal Jambi bertajuk Kopi Kerinci yang sudah mulai dikenal pasar, baik dalam maupun luar negeri.

Kopi dinilainya bisa menjadi salah satu produk unggulan dari Jambi, sehingga bisa digarap serius untuk pasar domestik hingga masuk ke global value chain.

"Harus kita garap dari sektor hulu hingga hilir, jangan sekadar menjual bahan baku. Saya yakin, masih ada produk unggulan asal Jambi yang bisa dikembangkan agar mendunia," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat