androidvodic.com

Inden Menumpuk, Suzuki Jimny Segera Diproduksi di India - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

TRIBUBNEWS.COM, JAKARTA - Sejak debut globalnya pada tahun 2018, Suzuki Jimny generasi keempat terus diminati di seluruh dunia.

Di India, meski telah memamerkan Jimny di Auto Expo 2020, Maruti Suzuki sebagai Agen Pemegang Merek Suzuki di India tidak berkomitmen untuk meluncurkannya di India.

Dengan perkiraan dapat menjual Jimny 1.000 unit perbulan, namun Maruti Suzuki membutuhkan volume tambahan.

Kendala produksi di fasilitas Suzuki Jepang telah memberi Maruti Suzuki peluang yang dibutuhkan.

Pabrik Suzuki di Kosai, Jepang, yang memproduksi Jimny memiliki kapasitas produksi tahunan mencapai 490.000 unit pertahun.

Baca: Maaf, Pemesanan Suzuki Jimny Distop Gara-gara Inden sampai 10 Tahun

Karenanya, menjadi sulit untuk meningkatkan produksi Jimny untuk memenuhi permintaan global yang semakin banyak pada kendaraan segala medan tersebut.

Maruti Suzuki menawarkan pabriknya di Sanand, Gujarat, di mana ia memiliki kapasitas yang tidak digunakan dan akan mulai memproduksi pada Mei tahun ini.

Dapat memberikan volume ekspor besar akan memberi Maruti Suzuki skala ekonomi yang diperlukan untuk membuat Jimny layak untuk produksi di India.

Baca: Amerika Serikat Tunda KTT ASEAN di Las Vegas Imbas dari Virus Corona

Maruti Suzuki menargetkan produksi bulanan Jimny 4.000-5.000 unit berkode YWD.

Mengutip dari Autocar India, Sabtu (29/2/2020), usai enam bulan setelah ekspor dimulai, Maruti Suzuki akan mulai memperkenalka Jimny di India.

Kemudian akan mulai menjualnya melalui rantai ritel premium Nexa milik Maruti Suzuki.

Jimny generasi keempat yang akan diproduksi di India akan mempertahankan konstruksi body-on-frame, dimensi yang ringkas dan bobot ringan.

Dalam hal desain, Jimny terbaru masih berbentuk kotak, menyegarkan, dilengkapi dengan four-wheel drive sebagai standar serta mendapat sistem infotainment layar sentuh dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Jimny mengandalkan mesin bensin 1.5 liter K15B yang sama seperti Ertiga.

Untuk transmisi menggunakan manual 5-speed dan torque converter 4-speed otomatis adalah gearbox yang ditawarkan untuk pasar ekspor.

Fitur keselamatan Jimny dengan spesifikasi Euro mendapat enam airbag, dudukan kursi anak ISOFIX, pengereman darurat otonom (AEB), pengingat sabuk pengaman dan lane-assist system.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat