androidvodic.com

Terdampak Pandemi, Asosiasi Emiten Minta Pemerintah Ambil Langkah Strategis untuk Pasar Modal - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hendra Gunawan

News, JAKARTA - Penurunan nilai transaksi perdagangan harian (penurunan market liquidity), membuat animo perusahaan untuk melakukan penawaran saham perdana (IPO) menjadi turun.

Data laporan keuangan emiten semester pertama tahun 2020 menunjukan emiten dari berbagai sektor mengalami penurunan yang cukup berarti baik dari sisi pendapatan maupun dari laba bersih.

Menyikapi perkembangan tersebut, Asosiasi Emiten Indonesia mendukung upaya pemerintah mengurangi dampak pandemi Covid-19 pada dunia usaha, khususnya pada emiten.

Tim Pengkajian merangkap Ketua Umum Pengurus Asosiasi Emiten Indonesia Fraciscus Welirang dalam keterangan persnya menyatakan telah mengamati tren yang saat ini terjadi.

"Kami mengusulkan kepada pemerintah agar mengambil langkah-langkah yang lebih strategis terkait dengan upaya peningkatan dan penguatan peran pasar modal untuk bisa berkontribusi lebih besar dalam mengatasi dampak bencana ini dalam jangka panjang," kata Welirang, Selasa (25/8/2020).

Baca: Penyederhanaan Struktur Cukai Rokok Membawa Angin Segar Emiten Rokok

Pemerintah juga diminta memberikan perhatian dan lebih fokus pada upaya memaksimalkan segala sumber-sumber daya yang ada pada sektor pasar modal, meningkatkan peran dan kontribusi Pasar Modal untuk percepatan perbaikan kinerja perekonomian nasional.

Baca: RUU Minerba Disahkan di Tengah Pandemi, Persaingan Antar Emiten Pertambangan Makin Sengit

Memperhatikan konsep bisnis pasar modal dalam industri jasa keuangan, perlu pemerintah melakukan untuk menyempurnakan sistem koordinasi dan pengawasan yang lebih tepat antar sektor jasa keuangan dan antar kelembagaan.

Dia juga menyarankan agar dilakukan penataan infrastruktur hukum dan kelembagaan untuk memperkuat fungsi dan tugas masing-masing lembaga pengawas yang mempunyai sistem pengawasan yang terpercaya dalam kondisi normal dan mempunyai ketahanan yang mumpuni dalam menghadapi masa sulit.

Dia menyebutkan, Asosiasi Emiten Indonesia mendukung setiap upaya pemerintah terkait dengan penguatan stablitas sistem keuangan yang sedang digagas pemerintah, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Menteri keuangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat