androidvodic.com

Ada Pandemi Covid, Danareksa: Kelas Menengah Atas Punya Uang, tapi Mereka Tahan Tidak Belanja - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - PT Danareksa menyatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh konsumsi, sehingga harus diperhatikan saat pandemi corona atau Covid-19 ini.

Kepala Ekonom Moekti Prasetiani Soejachmoen mengatakan, ada tantangan untuk meningkatkan konsumsi dalam negeri karena kelas menengah ke atas menahan belanja.

"Nah yang kelas menengah ke atas, mereka punya uang, tapi mereka tidak konsumsi. Ini yang jadi PR (pekerjaan rumah)" ujarnya dalam webinar, Senin (28/9/2020).

Baca: Pandemi Covid-19 Disebut Bikin Kelas Menengah ke Atas Takut Belanja ke Mal

Karena itu, Moekti menilai pemerintah sekarang harus mencarai cara bagimana supaya kelas menengah ke atas ini mau konsumsi.

"Kenapa kelas menengah ke atas itu tidak konsumsi atau mereka menahan uangnya dalam perbankan atau pasar modal? Gimana caranya supaya kelas menengah ke atas itu mau konsumsi?" katanya.

Sementara itu, menurut dia, satu-satunya cara membuat kalangan menengah atas percaya diri adalah dengan memberi kepastian bahwa kasus Covid-19 tidak naik terus.

"Faktornya adalah kepastian, mereka butuh kepastian gimana keadaan ekonomi. Kepastian itu sangat terkait sebenarnya dengan isu kesehatan, maksudnya bagaimana penanganan Covid-19 di Indonesia," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat