androidvodic.com

Targetkan 6G Segera Hadir, NTT Jepang Keluarkan 4,25 Triliun Yen Beli Saham Anak Perusahaannya - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Antisipasi persaingan perusahaan telepon yang sangat ketat di Jepang dan target 6G segera, anak perusahaan NTT yaitu NTT DoCoMo dibeli sahamnya oleh NTT serta dijadikan anak perusahaan langsung yang nantinya akan di delist dari pasar modal.

"Lingkungan persaingan menjadi sengit karena Docomo jatuh ke posisi ketiga di antara perusahaan besar dalam hal tingkat keuntungan di pasar domestik, dan sebuah perusahaan IT besar yang diwakili oleh GAFA muncul. Keadaan kritis krisis perlu mempercepat keputusan penting ini," papar Jun Sawada President NTT dalam jumpa persnya siang ini (29/9/2020).

NTT saat ini memiliki sekitar 66% saham Docomo, tetapi dikatakan akan mengakuisisi 34% sisanya dari pemegang saham umum melalui TOB (Take Over Bid = tender offer saham), dan jika sudah ditetapkan, Docomo akan dihapus dari daftar listing di pasar modal. Jumlah total akuisisi diperkirakan 4.254.400.000.000 yen.

Setelah akuisisi 4,25 triliun yen tersebut dia menjelaskan alasan menginvestasikan sejumlah besar uang untuk menjadikan Docomo anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki.

“Tujuannya adalah untuk memperkuat dan menumbuhkan daya saing Docomo. Untuk mengantisipasi layanan baru dan standar komunikasi generasi mendatang 6G secepatnya, perpaduan antara tipe seluler dan tetap. Kami akan mempromosikan pembangunan infrastruktur komunikasi," tekan Sawada lagi.

Mengenai pengurangan biaya telepon seluler, yang sangat ingin diwujudkan oleh Perdana Menteri Yoshihide Suga, Presiden Sawada mengatakan, "Kami tidak menjadikan Docomo sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki untuk mengurangi biaya, tetapi jika Docomo menjadi lebih kuat, harganya akan diturunkan. Akan ada beberapa kapasitas cadangan. "

Kazuhiro Yoshizawa, presiden NTT DoCoMo, juga menyatakan bahwa ia ingin mewujudkan layanan yang murah dan mudah digunakan sebagai hasil dari peningkatan daya saing jaringan dan layanan, serta menyatakan niatnya untuk mempertimbangkan penurunan harga.

Total harga akuisisi 4,2 triliun yen adalah yang tertinggi untuk TOB domestik Jepang saat ini.

Menurut Rekov, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam mediasi dan penasehat akuisisi perusahaan, jumlah akuisisi perusahaan tertinggi hingga saat ini melalui TOB adalah 1,6 triliun yen
ketika Softbank mengakuisisi anak perusahaan Jepang Vodafone di Inggris pada tahun 2006.

Berdasarkan survei Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi, dibandingkan dengan KDDI dan Softbank yang mengoperasikan au, jumlah kontrak dengan NTT Docomo mencapai 37% dari total hingga akhir Maret, melebihi 27% dari au dan 23% di Softbank.

Namun melihat hasil keuangan ketiga perusahaan pada tahun fiskal 2019, berbeda dengan jumlah kontrak yang banyak, pendapatan usaha NTT Docomo lebih rendah dibandingkan dua perusahaan lain yang juga mengembangkan bisnis di luar negeri dan telepon tetap.

Lebih lanjut, dengan perkembangan standar komunikasi 5G dan standar komunikasi generasi berikutnya, tidak mungkin untuk meningkatkan keuntungan hanya dengan menggunakan bisnis konvensional yang menyediakan jaringan komunikasi tersebut kepada pengguna dan penyedia layanan sehingga hal ini dianggap sebagai situasi yang sulit.

Di luar negeri, perusahaan IT besar yang disebut "platformer" yang diwakili oleh Google dan Amazon membuat layanan baru satu demi satu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat