androidvodic.com

Pasangan Muda Disarankan Beli Rumah Saat Ini, Berikut Alasannya - News

News, JAKARTA - Periode akhir tahun ini masih menjadi kondisi yang cukup positif bagi pasar properti.

Adanya peningkatan secara drastis indeks suplai properti memberikan keuntungan bagi konsumen, di mana kuartal ini masih tetap menjadi buyer’s market.

Sehingga, bagi sebagian konsumen, membeli rumah di situasi seperti ini mungkin bukan keputusan yang ideal.

Akan tetapi, bagi mereka yang memang benar-benar sudah siap secara finansial, keputusan sebaiknya diambil sekarang juga.

Baca juga: Rumah Murah Subsidi di Kawasan Cileungsi Ini Ditawarkan Mulai Rp 168 Juta, DP Bisa 1 Persen

Keputusan membeli properti di saat buyer's market seperti ini sangat tepat diambil, khususnya bagi pasangan muda.

Apalagi bagi mereka yang baru menikah di masa pandemi, sehingga bisa berhemat biaya resepsi pernikahan dan bisa digunakan untuk membeli rumah.

Pernikahan sebagai awal kehidupan baru bagi sebagian orang memang menjadi alasan untuk keluar dari rumah orang tua dan mulai tinggal mandiri di rumah sendiri.

Fakta ini juga sejalan dengan hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2020, di mana sekitar 63 persen responden menyatakan belum menikah menjadi salah satu alasan untuk belum keluar dari rumah orang tua.

Baca juga: Tren Pasar Properti di Bekasi Meningkat, Ini Faktornya

Angka ini naik dari level 46 persen responden yang dinyatakan pada semester I 2020.

Menurut hasil survei tersebut, sebanyak 52 persen pasangan muda atau generasi muda usia 22-29 tahun menyatakan harus menunda transaksi properti di masa pandemi seperti sekarang ini. Padahal kelompok usia tersebut saat ini memiliki intensi yang lebih tinggi untuk memiliki rumah.

Hal ini seperti dinyatakan oleh 44 persen responden survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2020.

"Pandemi yang telah memaksa pasangan muda menggelar pernikahannya menjadi lebih sederhana sebetulnya merupakan kesempatan baik bagi mereka untuk mengalihkan dananya untuk membeli rumah," kata Marine Novita, Country Manager Rumah.com dalam keterangan tertulis, Minggu (29/11/2020).

"Apalagi di tengah kenaikan indeks suplai properti menandakan banyaknya pilihan dan kondisi buyer’s market. Bagi pasangan muda maupun mereka yang menikah di tahun 2020 maka saat ini adalah kesempatan terbaik untuk membeli rumah," imbuh Marine.

Bagi pasangan muda yang sedang mencari hunian incaran bisa mempertimbangkan beberapa area yang dianggap prospektif dengan pilihan yang banyak dari sisi suplai dan harga yang belum naik terlalu tinggi, seperti area kota Tangerang.

Di kota tersebut saat ini harga propertinya masih berada pada kisaran Rp 12,5 juta per meter persegi.

Adapun harga rumah di wilayah tetangganya, yaitu Jakarta Barat telah mencapai Rp 23,8 juta per meter persegi atau hampir dua kali lipat.

“Perkembangan kota Tangerang saat ini sangat pesat, infrastruktur transportasi dan fasilitas umum terus bertambah. Dengan harga yang lebih rendah namun fasilitas yang tak kalah lengkap, konsumen mulai melirik kota Tangerang sebagai alternatif Jakarta Barat," jelas Marine.

Berita ini tayang di Kompas.com dengan judul: Pasangan Muda, Sekarang Saatnya Beli Rumah 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat