androidvodic.com

Luhut: Digitalisasi Tiket Kapal Ferry Bikin Administrasi Menjadi Lebih Efektif dan Efisien   - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, dukungannya terhadap program digitalisasi layanan tiket ferry berbasis online melalui aplikasi Ferizy.

Menurutnya, program ini telah diimplementasikan di empat penyeberangan ferry yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

Menurut Luhut, digitalisasi tiket penyeberangan online oleh Ferizy apat membuat administrasi menjadi lebih tertib, efektif dan efisien.

"Selain itu, dengan digitalisasi ini juga dapat mendukung keselamatan dan keamanan penumpang melalui pencatatan yang lebih rapih," ujar Luhut dalam keterangannya, Rabu (27/1/2021).

Sementara itu Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan Menkomarves Luhut terkait digitalisasi tiket ini.

Baca juga: ASDP Resmi Melayani Long Distance Ferry Rute Ketapang-Lembar

Layanan penyeberangan saat ini, lanjut Ira, jika ingin melakukan perjalanan liburan dengan kapal ferry dapat mengakses Ferizy dengan mudah dan cepat.

"Selain itu benefit bagi pengguna jasa yang membeli tiket online adalah dapat memiliki tiket dengan waktu keberangkatan terjadwal, sehingga tidak perlu antre lagi di pelabuhan," ujar Ira.

Baca juga: Beli Tiket Kapal Bisa Lewat Aplikasi Ferizy per 1 Mei, Kerjasama Kemenhub & ASDP Indonesia Ferry

Ira juga menjelaskan, sejak diterapkan pembelian tiket via Ferizy di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk mulai 1 Mei 2020 pengguna tidak perlu antre di pelabuhan.

"Hal ini karena saat memesan tiket secara online, pengguna jasa hanya perlu melakukan scan QR code yang dimiliki untuk mendapatkan boarding pass agar bisa naik kapal," ucap Ira.

Selain itu ia juga mengungkapkan, pembelian tiket secara online ini membantu pengguna jasa di masa adaptasi kebiasaan baru yang harus menjaga jarak karena interaksi dengan petugas pun berkurang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat