androidvodic.com

Fasilitasi Pemda Bangun Desa Wisata, Sandiaga Uno Tinjau Kampoeng Jadhoel di Semarang - News

News, SEMARANG - Pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional dinilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno semakin nyata.

Lewat adaptasi, kolaborasi dan inovasi dengan seluruh pihak, termasuk Pemerintah Daerah (Pemda), visi dan misi dapat segera terwujud.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika meninjau Kampoeng Jadhoel yang terletak di RT 04/ RW 02 Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021).

Didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen; Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Joko Budiono; Camat Semarang Timur, Nurul Hidayati serta sejumlah lurah, Sandiaga Uno berkeliling kampung yang diberi nama Kampung Batik Tengah.

Sesaat menjejakkan kaki, nuansa budaya khas Jawa Tengah sudah sangat terasa.

Sandiaga Uno ketika meninjau Kampoeng Jadhoel yang terletak di RT 04/ RW 02 Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021).
Sandiaga Uno ketika meninjau Kampoeng Jadhoel yang terletak di RT 04/ RW 02 Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021). (Istimewa)

Sebuah gapura kayu bergaya Jawa lengkap dengan aneka ukiran etnik menyambut setiap pengunjung yang datang.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Dukung Gerakan Nonton Kembali ke Bioskop Lewat Prokes Ketat

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Desa Wisata Manfaatkan Teknologi untuk Tingkatkan Ekonomi Warga

Tidak jauh dari gapura, terdapat sebuah relief dan mural berwarna warni yang menghias dinding rumah warga.

Relief itu menceritakan keseharian masyarakat di desa, mulai dari bercocok tanam, berdagang hingga membuat aneka kerajinan seperti batik.

Bertolak belakang dengan kesan Jawa kuno, aneka mural berwarna warni justru terlihat memberi kesan modern.

Motif bunga berwarna warni hingga beragam motif yang umumnya menghiasi batik ditemukan di sejumlah sudut kampung.

Menjejakkan kaki lebih dalam, Sandiaga Uno menyaksikan beragam aktivitas warga yang menarik, seperti membatik hingga pengolahan aneka jajanan kampung.

"Kampoeng Jadhoel ini menurut saya suatu inovasi dalam pengelolaan, penataan produk-produk ekonomi kreatif. Kita lihat di sini kolaborasi yang benar-benar menginspirasi kita, karena ada jajanan tradisionalnya, ada jalan-jalannya," ungkap Sandiaga Uno, Sabtu (13/3/2021).

Menjelang ajang MotoGP Mandalika, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong berbagai potensi dan daya tarik Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) diperkuat sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan.
Menjelang ajang MotoGP Mandalika, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong berbagai potensi dan daya tarik Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) diperkuat sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan. (Istimewa)

Kampoeng Jadoel yang berasal dari kata Kampoeng Jajan dan Dolan-dolan (jalan-jalan) itu diungkapkan Sandiaga Uno menjadi bukti program pemerintah yang menggerakkan perekonomian rakyat.

Kegiatan kemasyarakatan yang menurutnya sangat menginspirasi dalam pengembangan desa wisata di seluruh destinasi wisata nasional.

"Dari fasilitas, tumbuhlah inspirasi. Saya semakin yakin kita sebentar lagi bangkit. Tapi tolong diingatkan protokol kesehatannya yang ketat dan disiplin," ujar Sandiaga Uno.

Kampoeng Jadhoel yang tersebar di dua wilayah, yakni Kelurahan Lawang Redjo sebagai kampung batik dan Kelurahan Melati Baru yang disulap menjadi kampung jajanan tradisional dijanjikannya akan dikembangkan.

Alasannya karena konsep kedua kampung tersebut sejalan dengan program Kemenparekraf, yakni Pengembangan Desa Wisata.

"Nah ini kampung-kampung yang menurut saya salah satu inovasi dalam membangkitkan semangat, juga mengadaptasi," ungkap Sandiaga Uno.

"Tadi saya lihat sudah ada beberapa yang mengadopsi teknologi dan ini sejalan dengan program kita di Kemenparekraf, yaitu mengangkat desa wisata," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat