androidvodic.com

Presiden Toshiba Jepang mendadak Mengundurkan Diri - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Nobuaki Kurumatani(63) Presiden Toshiba Jepang mendadak kemarin malam (13/4/2021) menyatakan akan mengundurkan diri dengan alasan tugasnya telah selesai menjadikan Toshiba masuk kembali ke Divisi Pertama pasar modal Tokyo (TSE).

"Kurumatani merasa telah selesai tugasnya mengangkat kembali Toshiba ke Divisi Pertama TSE yang sebelumnya turun ke Divisi Kedua TSE," ungkap sumber News kemarin malam (13/4/2021).

Namun sumber lainnya mengungkapkan alasan lain karena Kurumatani sebagai Presiden Toshiba baru saja menerima proposal akuisisi dari dana investasi asing, Namun ada kritik di kalangan manajemen bahwa latar belakang proposal tersebut tidak jelas karena Kuratani pernah menjadi kepala anak perusahaan Jepang dari fund asing tersbeut.

Dipekirakan Kurumatani akan menyerahkan pengunduran dirinya kepada rapat dewan direksi luar biasa yang diadakan pada Rabu ini (14/4/2021).

Kepada pimpinan lainnya Kurumatani menjelaskan tentang alasan pengunduran dirinya, "Saya memenuhi misi saya untuk kembali ke Seksi Pertama Tokyo Bursa Efek di bulan Januari."

Tanggal 6 April lalu Toshiba menerima tawaran pengambilalihan dari dana investasi yang berbasis di Inggris CVC Capital Partners dan lainnya.

Itu adalah proposal untuk membatalkan pencatatan Toshiba (delisting) dan menjadikan sahamnya privat, bertujuan agar sistem Perusahaan yang tidak terpengaruh oleh pengaruh eksternal seperti dana investasi lain yang disebut "pemegang saham yang mengatakan sesuatu" yang tidak mendukung Presiden Kuratani.

Baca juga: Toshiba Jepang akan Bermitra dengan General Electric Bidang Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Namun, terdapat kritik di kalangan manajemen bahwa latar belakang proposal tersebut tidak jelas karena Kuratani pernah menjadi kepala anak perusahaan CVC di Jepang.

Satoshi Tsunakawa, Chairman diperkirakan akan menggantiannya sebagai Presiden yang telah memelihara hubungan yang lebih bersahabat dengan aktivis investor.

Perubahan tiba-tiba dalam kepemimpinan terjadi sekitar seminggu setelah munculnya proposal 20 miliar USD oleh perusahaan ekuitas swasta CVC Capital Partners untuk mengambil alih kelompok industri Jepang itu sebagai swasta, ke luar dari pasar modal Tokyo, menjadi perusahaan privat.

Komite nominasi Toshiba, yang terdiri dari lima direktur luar, tampaknya menilai posisi Kurumatani tidak dapat dipertahankan setelah lebih dari setengah manajer senior menyatakan kurangnya kepercayaan dalam kepemimpinannya dalam survei terbaru yang dilakukan oleh komite. dibandingkan dengan tahun sebelumnya (57%).

Pemungutan suara tersebut memicu kontroversi karena pemegang saham teratas Effissimo Capital Management menuduh Toshiba memberikan "tekanan yang tidak semestinya" pada investor untuk memilih mendukung Kurumatani atau tidak semuanya.

Baca juga: Toshiba Jepang Ditawarkan Delisted Dengan 2,3 Triliun Yen, Ditentang Pemerintah?

Kurumatani ditunjuk sebagai CEO pada tahun 2018, sebagai pemimpin eksternal pertama di chip biru Jepang dalam lebih dari setengah abad, untuk mengubah Toshiba dari krisis yang berasal dari akuntansi yang menipu serta kerugian besar-besaran di anak perusahaan nuklir AS.

Setahun setelahnya peningkatan modal 600 miliar yen ($ 5,5 miliar pada tingkat saat ini) yang membuat perusahaan memiliki sekitar 70% kepemilikan asing, menyiapkan panggung untuk perjuangannya dengan pemegang saham aktivis. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan melepaskan aset dan kembali ke bagian pertama Bursa Efek Tokyo Januari lalu setelah diturunkan ke tingkat kedua pasar.

Tsunakawa bergabung dengan Toshiba pada tahun 1979 dan menduduki berbagai posisi termasuk wakil presiden sebelum menjadi presiden pada tahun 2016 setelah terungkapnya ketidakwajaran akuntansi selama bertahun-tahun. Ia menjadi ketua pada tahun 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat