androidvodic.com

Dorong UMKM Jabar Go Digital, Shopee dan Pemprov Jabar Berkolaborasi Bangun Shopee Center - News

Laporan Wartawan Tribunnews.con Yulis

News, BANDUNG - Dalam rangka mendukung percepatan digitalisasi UMKM untuk mendorong ekonomi digital Jawa Barat, Shopee Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendirikan Shopee Village Center dan Shopee Center.

Peresmian kolaborasi ini disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Ye Gang, Co-founder dan Group Chief Operating Officer SEA, yang merupakan induk perusahaan dari Shopee Indonesia, di Gedung Pakuan, Bandung, pada Rabu, (02/06/2021).

Selain dari pihak Pemprov Jabar dan Shopee Indonesia, acara peresmian tersebut juga disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa kolaborasi ini akan menjadi transformasi digitalisasi terbesar dan tercepat.

“Ini peristiwa luar biasa. Saya sampaikan ini akan menjadi transformasi digital paling masif yang ada di Indonesia dan ada di Jawa barat. Pusat digital desa yang infrastrukturnya kemudian disupport oleh Shopee Indonesia. Jadi, Revolusi 4.0 di Jabar tidak setengah-setengah. Kami berharap dengan kehadiran infrastruktur ini di desa, maka yang tadinya produk desa distribusinya terbatas, kini bisa dijual sampai ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri melalui Shopee,” ujarnya.

Baca juga: Harlah Pancasila, Gus Jazil Bersama Kiai se-Jabar Doakan Keselamatan Bangsa

Dengan pelatihan dan program ekspor yang sudah dijalankan Shopee, Ridwan Kamil berharap UMKM Jabar tidak hanya akan Go Digital, tapi juga Go Global. “Ini akan selaras dengan tagline kita, tinggal di desa, rejeki kota, dan bisnis mendunia,” tuturnya.

Komitmen Shopee Digitalisasi UMKM Jabar

Data Pemprov Jabar menyebutkan terdapat lebih dari 4.5 juta UMKM yang tersebar di Jabar dan menyerap lebih dari 8 juta tenaga kerja. Akan tetapi, belum semua UMKM berhasil mengoptimalkan potensinya di ranah digital.

Oleh karena itu, kerja sama ini merupakan bentuk komitmen dari Shopee untuk mendukung percepatan digitalisasi UMKM Jabar guna mendorong pemulihan ekonomi.

Dukungan Shopee juga ditunjukkan melalui rencana pemberian bantuan berupa 5.000 perangkat komputer sebagai penunjang proses digitalisasi UMKM.

Untuk tahap awal, sebanyak 100 perangkat komputer akan didistribusikan ke beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang akan dipilih oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemprov Jabar.

Baca juga: Hotel di Jabar Terpuruk, Ada Karyawan Enam Bulan Kerja Tanpa Digaji

Selain perangkat komputer, Shopee juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM desa.

Setidaknya sudah ada tiga titik desa percontohan dari Shopee Village Center, yaitu BUMDes Betah Mandiri di Desa Tanjung Wangi, BUMDes Megamendung di Desa Megamendung, dan BUMDes Guha Bau di Desa Kertayasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat