androidvodic.com

Dukung Energi Hijau, Industri Farmasi Pasang Panel Surya Terbesar di Cikarang - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Perusahaan farmasi internasional PT Ferron Par Pharmaceuticals melakukan pemasangan panel surya terbesar di sektor manufaktur yang beroperasi di Cikarang, Jawa Barat.

Direktur Utama PT Ferron Par Pharmaceuticals Krestijanto Pandji menjelaskan pemasangan ini sesuai target bauran energi terbarukan nasional sebesar 23 persen pada 2025.

"Bekerjasama dengan PT Cikarang Listrindo Tbk, kami melakukan pemasangan panel surya yang berlokasi di atap pabrik seluas 3.000 meter persegi dengan kapasitas sebesar 239 kiloWatt peak," papar Krestijanto, Jumat (25/6/2021).

Krestijanto juga memaparkan, PT Ferron Par Pharmaceuticals membangun Pembangkit listrik Tenaga Surya (PLTS) di tahun 2021 sebagai komitmen menurunkan emisi karbon sebesar 273 Ton per tahun.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam menyebut bahwa di dalam RPJMN 2020-2024 ditegaskan pembangunan rendah karbon dan ketahanan iklim telah menjadi agenda prioritas nasional dalam kegiatan pembangunan di Indonesia.

"Inilah upaya kami menggunakan energi yang terbarukan yang ramah lingkungan serta mewujudkan Green Manufacturing melalui pembangunan dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas 239 kWp dan menjadikannya PLTS terbesar di Cikarang, Jawa Barat," ungkapnya.

Baca juga: Wakaf Energi, Program Baru Masjid Istiqlal untuk Danai Panel Surya Senilai Rp 14 Miliar

Pemerintah telah menyampaikan komitmennya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen.

Khayam menuturkan bahwa PLTS PT Ferron Par Pharmaceuticals turut berkontribusi dalam mencapai target pengurangan emisi tersebut.

Deputy Commercial Director PT Cikarang Listrindo Tbk Yudho Pratikto menambahkan, pemasangan PLTS atap untuk PT Ferron Par Pharmaceuticals dimulai pada Maret 2021.

Berkat kerja sama secara profesional dengan PT Ferron, pemasangan PLTS tersebut dapat rampung pada awal Juni 2021.

"Pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada PT Ferron Par Pharmaceuticals yang telah mempercayakan pemasangan PLTS atap kepada PT Cikarang Listrindo dengan kapasitas 239 kilowatt-peak, di mana ini merupakan kapasitas terbesar yang telah kami pasang saat ini," ujar Yudho.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat