androidvodic.com

Hutama Karya Kebut Proyek Tol Trans Sumatera Ruas Binjai – Langsa, Segini Progresnya - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Ismoyo

News - PT Hutama Karya (Persero) melakukan sinergi secara kontinyu bersama anak usahanya, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) untuk melanjutkan penyelesaian mandat Pemerintah yakni pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Memasuki semester II 2021 ini Hutama Karya tengah fokus pada penyelesaian pembangunan JTTS di beberapa ruas tahap I.

Salah satunya yaitu pembangunan Tol Binjai – Langsa sepanjang 130,6 Km. Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menyampaikan, saat ini proses konstruksi di Tol Binjai – Langsa masih terus berjalan.

“Seluruh proses konstruksi hingga proses pembebasan lahan berjalan dengan baik. Tentunya ini tak lepas dari pihak-pihak yang membantu percepatan penyelesaian Tol Binjai – Langsa khususnya pada tahap awal yakni Binjai – Pangkalan Brandan sepanjang 57,4 Km,” ujar Koentjoro dalam keterangannya, Kamis (8/7/2021).

Baca juga: Hutama Karya Percepat Konstruksi Jalan Tol Indralaya-Prabumulih

“Proses pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) juga terus berjalan dengan sistem pembayaran langsung oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN),” sambungnya.

Koentjoro menjelaskan, untuk tahap awal di Binjai – Pangkalan Brandan, perusahaan memprioritaskan penyelesaian di tiga seksi tol.

Baca juga: Hutama Karya Garap Proyek Rute MRT Bundaran HI – Kota Senilai Rp 4,6 Triliun

Hingga saat ini pengerjaan berada di seksi 1 yaitu Binjai – Stabat sepanjang 12,3 Km, seksi 2 Stabat – Tanjungpura sepanjang 26,2 Km dan seksi 3 Tanjungpura – Pangkalan Brandan sepanjang 18,9 Km, dengan progres konstruksi yakni 35 persen dan progres lahan 26 persen.

Baca juga: Hutama Karya Bidik Nilai Kontrak Rp 21 Triliun Tahun Ini

“Kami memprioritaskan pengerjaan di Binjai – Pangkalan Brandan karena melihat analisis kepadatan kendaraan di kawasan ini sudah sangat meningkat,” ucap Koentjoro.

“Kami berharap pekerjaan di tahap awal ini dapat rampung pada 2022 mendatang,” pungkasnya.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.065 Km dengan 534 Km ruas konstruksi dan 531 ruas operasi. 

Ruas tol yang telah beroperasi secara penuh adalah Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (141 Km), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 Km), Tol Palembang – Indralaya (22 Km), Tol Medan Binjai (17 Km).

Kemudian, Tol Pekanbaru – Dumai (132 Km), Tol Sigli – Banda Aceh seksi 3 Jantho – Indrapuri (16 Km) dan seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang (14 Km).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat