androidvodic.com

Analis Properti: Didukung Infrastruktur Kuat, Bitung Bersiap Jadi Kota Baru Setelah Serpong - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

News, JAKARTA  – Keberadaan Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak sebagai jalur utama logistik yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera selama ini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kawasan industri dan permukiman yang pesat di wilayah Tangerang, Banten, sebagai satelit Kota Jakarta.

Beroperasi sejak 1984, Jalan Tol Jakarta-Tangerang yang memiliki panjang 33 kilometer ini juga menghubungkan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta dan JORR W1 yang menuju ke Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo (Jalan Tol Bandara).

Sejumlah permukiman berskala kota di Tangerang bukan hanya sekadar muncul, tapi juga hidup dan mampu tumbuh pesat menjadi kawasan mandiri yang telah dihuni ratusan ribu jiwa.

Sebut saja Alam Sutera (800 ha) di Serpong Utara, BSD City (6.000 ha) di Serpong dan Paramount Land (1.200 ha) di Gading Serpong dan Lippo Village (1.500 ha) di Karawaci.

Seluruh kota baru itu berlimpah fasilitas mulai dari sekolah, universitas, rumah sakit, pusat perbalanjaan, ratusan ruko, pasar modern, kantor perbankan dan lain sebagainya.

Baca juga: Pasien Meningkat, Menhub Jadikan Asrama STTD Cibitung Tempat Isolasi Terpapar Covid-19

Memiliki akses tol langsung Jakarta-Merak menjadi hal yang turut mengangkat kawasan Serpong dan sekitarnya. 

Sementara, kawasan Alam Sutera terkoneksi langsung dengan gerbang tol KM 15, Paramount Land yang memiliki akses pintu tol langsung di KM 18 dan Lippo Village di KM 21.

Tak heran jika kawasan Serpong dan sekitarnya menjadi salah satu satelit Jakarta dengan harga properti paling tinggi.

Di kawasan ini harga tanahnya berkisar Rp11-15 juta per meter persegi (m2) untuk rumah tapak.

Di sejumlah proyek kota baru itu harga rumahnya rata-rata di atas satu miliar, kecuali tipe-tipe khusus yang ukuran tanahnya sangat kecil seperti yang ditawarkan Paramount Land dan BSD City.

Head of Advisory Services of Colliers Internasional Indonesia, Monica Koesnovagril, mengatakan, secara umum klaster perumahan di kota baru seperti BSD City, Alam Sutera dan Paramount Land yang memiliki akses langsung menuju jalan tol tentu menawarkan rumah dengan harga yang lebih tinggi.

“Mempertimbangkan beberapa aspek seperti aksesibilitas yang sudah cukup memadai seperti akses tol untuk mobil dan akses transportasi umum seperti commuter line, jarak Tangerang terhadap Jakarta dan fasilitas kawasan yang sudah komprehensif, maka harga tersebut masih “reasonable,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Dia memprediksi, pasar akan terus bergerak mencari celah dengan harga lebih kompetitif. Ini yang terjadi di kawasan Serpong.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat