androidvodic.com

Tanggapan Sharp Indonesia Terkait Pemulangan WN Jepang Akibat Lonjakan Kasus Covid-19 - News

Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia membuat Pemerintah Jepang berencana memulangkan warga negaranya ke kampung halaman.

Untuk itu, pemerintah Jepang telah menyiapkan penerbangan khusus untuk mengevakuasi warga mereka di Indonesia menyusul lonjakan kasus virus corona dalam sepekan terakhir.

Menteri Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan hal itu disiapkan sebagai langkah antisipasi.

Baca juga: Respons Kemlu RI Sikapi Opsi Jepang Pulangkan Warganya Dari Indonesia

"Untuk melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan, sehingga orang Jepang yang ingin pulang dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang," kata Katsunobu Kato, Selasa (13/7) seperti dikutip dari Nikkei Asia.

Lalu, bagaimana pengaruhnya pada bisnis dan investasi Jepang di Indonesia?

Salah satu raksasa elektronik asal Jepang yang beroperasi di Indonesia, Sharp Electronics, menyatakan belum ada rencana pemulangan bagi direksinya yang berwarga negara jepang.

Baca juga: Selama di Kumamoto, Tim Bulutangkis Indonesia Punya Dua Musuh Tanding dari Jepang

Senior PR & Brand Communication Manager Sharp Indonesia, Pandu Setio mengatakan, hingga saat ini belum ada rencana pemulangan bagi direksinya untuk kembali ke Jepang.

"Sampai saat ini belum ada. Kebetulan Japanese di Sharp tidak terlalu banyak, hanya BOD-nya," kata Pandu saat dihubungi News, Rabu (14/7/2021).

Kendati demikian, segala aktivitas wn Jepang di Sharp Indonesia dipastikan mengikuti regulasi yang berlaku di Indonesia termasuk dalam hal penanganan Covid-19.

"Semua wn Jepang di Sharp Indonesia mengikuti peraturan pemerintah terkait jam kerjanya dan regulasi yang berlaku di Indonesia. Kita tak memiliki staf berasal dari Jepang kecuali Board of Director," tambah Pandu.

Sebagai informasi, Menteri Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan beberapa warga Jepang di Indonesia akan dipulangkan pada hari Rabu (14/7/2021) dengan penerbangan carter menggunakan maskapai Jepang.

"Setelah itu, kami berencana melakukan upaya serupa dalam menanggapi permintaan dari warga Jepang," ujarnya.

Perkembangan terbaru kasus Covid-19 di Indonesia kembali mencatat rekor tertinggi kasus baru yakni 47.899 orang pada Selasa (13/7/2021) kemarin.

Dengan demikian, total kumulatif kasus positif virus corona di Indonesia telah mencapai 2.615.529 kasus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat