androidvodic.com

Pebisnis Ritel Lokal Lesu, Tapi Raksasa Jepang Siap Ekspansi Masuk dengan 200 Gerai - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Bisnis peritel di Tanah Air saat ini terbilang lesu karena pandemi Covid dan pemberlakukan kegiatan masyarakat.

Namun, pemain baru bisnis ini dari Jepang tetap pede masuk ke Indonesia. Adalah Makuku Family, peritel produk ibu anak dari Jepang akan ekspansi ke Indonesia dengan membuka 200 gerai.

Tahap awal, gerai dibuka di Emporium Mall Pluit Jakarta Utara, Greenville Jakarta Barat, Harapan Indah Bekasi , Sitanala Tangerang, Setiabudi Bandung, Surabaya, Semarang, Purwokerto.

Perusahaan ini masuk ke Indonesia di bawah bendera PT Lucky Mom Indonesia dan berfokus pada penyediaan produk-produk kebutuhan orang tua, bayi, dan anak-anak.

"Ini merupakan bentuk komitmen Makuku untuk menjadi sahabat akrab bagi para orang tua di Indonesia dan menyediakan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya," kata Jason Lee, CEO Makuku Indonesia.

Baca juga: Riset Eyos: Tidak Semua Peritel Turun Omset Akibat Pandemi

Di Jepang, Makuku Family dikenal sebagai merek pakaian anak-anak yang digagas oleh Etsuko Kondo dan James Wang.

Jaringan retail ini kemudian dibawa ke Indonesia dan dipimpin oleh Jason Lee sebagai CEO Makuku Indonesia dengan standar Jepang. 

Baca juga: PPKM Darurat Mulai Sabtu, Pengusaha Ritel Minta Aturan Jelas Sektor Mana yang Boleh Beroperasi

Jason Lee sebelumnya pernah sukses mengembangkan bisnis ponsel Oppo di Indonesia.

“Mall Emporium merupakan pusat perbelanjaan pertama yang dipilih sebagai lokasi perdana gerai Makuku Family, dan kedepannya saya berharap Makuku Family dapat terus memberikan produk dan layanan terbaik untuk seluruh orang tua di seluruh penjuru Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Industri Ritel Berbahan Alami Makin Diminati Pasar

Makuku saat ini mengembangkan kerjasama dengan beberapa rumah sakit maupun konsultan kesehatan ibu dan anak salah satunya  RS Carolus Salemba untuk mulai menggarap pasar.

"Kami melihat Makuku Family memiliki komitmen yang sama dengan RS St. Carolus, yaitu  menyediakan informasi dan pengetahuan seputar perawatan bayi,” ungkap Surya Rama, S.E selaku Kepala Biro Pengembangan dan Pemasaran RS Carolus Salemba.

Kerjasama antara Makuku Family dan RS Carolus Salemba meliputi edukasi seputar kesehatan serta perawatan Ibu dan bayi melalui media sosial kedua belah pihak, seperti IGTV atau YouTube Channel serta penyediaan artikel oleh dokter spesialis di RS Carolus di website Makuku Family dan RS Carolus Salemba.

Untuk pasar Indonesia, Makuku Family berkembang sebagai gerai one-stop untuk semua kebutuhan orang tua, bayi, dan anak-anak.

Makuku menjalin kerjasama dengan pemasok antara lain Béaba dari Amerika, Pouch dari Jerman, Oz Farm dari Australia, Inglesina dari Italia, Mustela dari Prancis, Farlin dari Taiwan, dan B&B dari Korea Selatan dan memasang Chelsea Olivia sebagai brand ambassador.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat