androidvodic.com

Dampak PPKM Darurat Terhadap Pengusaha, Ketum Kadin Arsjad Rasjid: Tak Ada Bendera Putih - News

News, JAKARTA - Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid buka-bukaan soal kondisi pengusaha dalam menghadapi PPKM darurat.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsyad Rasjid hadir dalam talkshow nasional secara virtual bertema Indonesia Sehat, Ekonomi Bangkit di tengah Pandemi Covid-19, Jumat (27/8/2021).

Dalam acara talkshow tersebut juga diluncurkan dua portal terbaru Tribun Network. Kedua portal tersebut adalah TribunTangerang.com dan TribunBekasi.com.

Baca juga: Meski Penjualan Mengalami Penurunan Selama PPKM, Isuzu Tak Pernah Merumahkan Karyawan

Glory Oyong menjadi host talkshow tersebut dan moderatornya adalah Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra.

Arsjad Rasjid menjelaskan, gelombang kedua Covid-19 yang terjadi pada Juli 2021 berdampak terhadap seluruh pengusaha.

Tidak hanya konglomerat melainkan juga pengusaha menengah, kecil dan mikro.

Dampaknya berbeda jauh dengan krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998. Saat itu yang terdampak adalah pengusaha besar. Sebaliknya pelaku UMKM mampu bertahan dan bangkit.

Baca juga: KADIN Indonesia Bekerjasama dengan Pemprov DKI Gelar Vaksinasi untuk Ekspatriat

Perbedaan ini terasa lantaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat roda ekonomi distop. Sehingga roda ekonomi tidak bisa berjalan.

Dampaknya lainnya membuat pekerja harian tidak mendapatkan penghasilan. Apalagi tidak semua masyarakat Indonesia mempunyai tabungan untuk mengatasi PPKM.

Baca juga: Kadin: Perlu Upaya Ekstra Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal III 2021

"Saya bukan curcol yah tapi ini fakta. PPKM membuat roda ekonomi distop. Dampaknya tidak pernah ada dalam sejarah. Berbeda dengan krismon 1998. PPKM berdampak ke semua pengusaha," kata Arsjad.

Arsjad menambahkan bahwa pengusaha di Indonesia itu tergolong hebat.

Di tengah badai Covid-19 gelombang kedua menerjang tidak ada yang mengibarkan bendera putih.

Mereka terus berjuang, namun perlahan berguguran.

"Semua pengusaha berjuang menghadapi PPKM ini. Namun, banyak juga yang gugur. Saya tahu spirit Pemerintah itu baik utamakan kesehatan, tapi kalau kesehatan tanpa ekonomi bahaya," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Cerita Ketum Kadin Arsjad Rasjid Soal Dampak PPKM Darurat Terhadap Pengusaha, Tak Ada Bendera Putih

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat