androidvodic.com

Menko Airlangga Salut pada Perjuangan Para Alumni Program Kartu Prakerja di Kota Palu - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berdialog dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga menyampaikan Kartu Prakerja sangat diminati masyarakat yang diikuti dengan rasa kepuasan para peserta.

"Kartu Prakerja sudah dilaksanakan sebanyak 19 gelombang. Ini membuktikan bahwa Program Kartu Prakerja sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat," ujar Airlangga, Sabtu (28/7/2021).

Pada kesempatan tersebut, Airlangga mendengar cerita dari alumni Kartu Prakerja.

Hidayat yang merupakan alumni Kartu Prakerja gelombang 2 mengaku mengikuti pelatihan web disainer, di mana sebelumnya pernah bangkrut ketika berwirausaha ternak ayam kampung.

Ia menyebut, pelatihan yang diambil sangat berguna dan saat ini telah bekerja di kantor Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai teknisi teknologi informasi (IT).

Kemudian, Eko yang juga merupakan penerima Kartu Prakerja gelombang 2, mengikuti pelatihan konten marketing untuk bisnis, serta kursus Bahasa Inggris.

Baca juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19 di www.prakerja.go.id, Kuota 800 Ribu Peserta, Segera Klik Gabung

Dana insentif yang didapat Eko, dijadikan sebagai modal usaha ternak ayam dengan membeli bibit ayam.

Namun, usahanya terkendala akibat wabah penyakit ayam, dan akhirnya terhenti.

Hal itu tidak membuat Eko patah semangat, ia kembali mencoba menjalankan usaha kerajinan tangan dan budidaya ikan cupang, sembari bekerja sebagai pengemudi ojek online.

Mendengar cerita dari alumni Kartu Prakerja, Airlangga mengaku salut pada perjuangan mereka.

"Saya sangat mengapresiasi para alumni Program Kartu Prakerja yang tetap bersemangat mengembangkan kemampuannya dan melihat ini sebagai peluang. Situasi pandemi ini membuat aktivitas kita beralih ke digital, semangat pantang menyerah ini tentu sangat menginspirasi kita semua," paparnya.

Mengakhiri rangkaian kunjungannya, Airlangga mendatangi lokasi usaha milik Steve yang merupakan alumni Program Kartu Prakerja gelombang 8.

Baca juga: Cara Ikut Pelatihan setelah Lolos Kartu Prakerja Gelombang 18, Akses www.prakerja.go.id

Steve yang mengikuti kelas marketing, menggunakan keahlian tersebut untuk menjalankan usaha budidaya ikan lele.

Pada kesempatan itu, Airlangga memberikan bantuan berupa mesin pompa air sekaligus menyaksikan pemberian KUR dari BNI kepada alumni Program Kartu Prakerja.

"Keberhasilan Kartu Prakerja sangat bergantung kepada bagaimana penerimanya memanfaatkan pelatihan yang ada. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh penerima Kartu Prakerja agar menggunakan kesempatan ini untuk skilling, upskilling, dan reskilling," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat