androidvodic.com

Grup Janu Putra Bangun Peternakan GPS dengan Penggunaan Teknologi 4.0 - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - PT Janu Putra Sejahtera bagian dari Grup Janu Putra membangun peternakan grand parent stock (GPS) di Wonogiri, Jawa Tengah, dengan penggunaan teknologi industri 4.0

"Kami didukung oleh De Heus Indonesia, sehingga dapat membangun kandang canggih yang terkomputerisasi dan ramah lingkungan," ujar Pendiri Grup Janu Putra, Singgih Januratmoko dalam keterangannya, Senin (27/9/2021).

Menurutnya, peternakan yang bangun di atas lahan seluas 8 hektere, dan kandangnya mampu menampung 20 ribu ayam GPS, yang lebih ramah lingkungan dengan penggunaan sel surya serta bebas dari bungkus atau karung plastik.

"Sentuhan dengan manusia juga minim, sehingga lebih bebas bakteri untuk menghasilkan produk lebih berkualitas," ujar Singgih.

Baca juga: Pemerintah RI-Belgia Tandatangani Kerja Sama Peternakan

Terkait tenaga kerja untuk peternakan ini, Singgih menyebut saat memulai operasi, 80 persen pegawainya akan diisi oleh warga sekitar.

Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno mengatakan, investasi peternakan di Wonogiri sangat tepat, karena ekonomi terus tumbuh.

Selain itu kesadaran pentingnya protein juga kian populer di kalangan masyarakat.

"Masyarakat Wonogiri menyerap 1,7 juta kg daging ayam per tahun, sementara protein lain seperti telur mencapai 800.000 kg per tahun," ujarnya.

Presiden Direktur De Heus Indonesia, Kay De Vreese mengingatkan, pasar bebas menjadi salah satu ancaman nyata peternakan mandiri atau peternakan rakyat.

"Covid-19 mengajarkan bahwa kita di Indonesia merupakan bagian dari rantai pasokan pangan global. Kita bergantung pada pasokan dari negara lain dan perjanjian perdagangan juga menekan bisnis peternak," ujar Kay De Vreese.

Dengan penerapan teknologi canggih, kata De Vreese, dapat meningkatkan efisiensi, di mana hasilnya para peternak mandiri bisa menghasilkan produk yang kompetitif.

"Kami ingin memberikan warna baru bagi industri perunggasan, karena De Heus berkomitmen untuk mendukung dan tidak bersaing dengan peternak ayam pedaging komersial, sekaligus membangun aliansi strategis dengan UKM dan peternak ayam local," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat