androidvodic.com

Empat Perusahaan Indonesia Raih Penghargaan Keselamatan Kerja Dunia - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - World Safety Organization (WSO) memberikan penghargaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada empat perusahaan di Indonesia.

Keempat perusahaan tersebut antara lain PT Nusantara Regas, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, EPC Division, dan Politeknik Ketenagakerjaan.

Chairman of WSO Indonesia Soehatman Ramli mengatakan WSO Indonesia Talkshow & Award (WITA) 2021 menjadi ajang yang dapat menjadi tolak ukur perusahaan dalam meningkatkan implementasi K3, mulai dari kebijakan, implementasi, hingga monitoring dan evaluasi.

"Para penerima penghargaan telah melalui proses pencalonan dan verifikasi oleh Board of Director (BOD) WSO Indonesia, sebelum akhirnya terpilih," kata Soehatman dikutip, Selasa (26/10/2021).

Soehatman mengatakan tujuan diadakannya WITA-2021 ini adalah memberikan apresiasi kepada perusahaan, institusi atau individu yang telah menerapkan SMK3 dan beberapa program budaya K3 di perusahaan atau institusi masing-masing.

“Ini akan menjadi motivasi bagi perusahaan-perusahaan/institusi-institusi lainnya untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di setiap lingkup kerja perusahaan," kata dia.

Baca juga: Ingin Kerja di Honda Prospect Motor? Berikut Lowongan Kerja di Perusahaan Ini

President Director of WSO International Alfredo A. De La Rosa, Jr. menyampaikan bahwa para pemenang telah mengedepankan penerapan pelaksanaan K3 sebagai ciri khas sistem manajemen yang telah matang dengan melibatkan peran aktif seluruh personil atau elemen terkait. 

“Mereka (para pemenang) ditentukan berdasarkan hasil verifikasi/uji lapangan dan hasil verifikasi administratif melalui kegiatan survei atau observasi yang mendalam," kata Alfredo. 

Hasilnya, kata Alfredo, mereka tak hanya menunjukkan komitmen dan konsistennya untuk menerapkan K3. 

Bahkan, beberapa sudah menunjukkan proses ke arah peningkatan berkelanjutan atau continuous improvement.

Dalam WITA 2021, WSO Indonesia juga memberikan 16 penghargaan kepada institusi/perusahaan/individu. 

Mereka dinilai telah memenuhi beberapa indikator, di antaranya telah bersungguh-sungguh mengimplementasikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat