androidvodic.com

Industri Galangan Kapal Sepi Order Selama Pandemi - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Pandemi Covid-19 juga berdampak cukup besar pada pendapatan perusahaan industri perkapalan.

Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) menyebutkan, pandemi membuat permintaan pembuatan kapal baru sangat sepi.

Ketua Umum Iperindo Eddy Kurniawan mengatakan, sepinya pembuatan kapal baru ini karena terdampak pandemi Covid-19. Sehingga pemesanan kapal sangat berkurang.

"Saat ini kondisi galangan dapat dibilang sangat mengenaskan, karena tidak adanya proyek pembangunan kapal. Pembangunan kapal nyaris tidak ada selama pandemi," kata Edy dalam konferensi pers Virtual Expo Maritime Indonesia (VEMI) 2021, Senin (1/2/2021).

Ia juga mengungkapkan, bahkan pemesanan kapal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau kementerian nyaris tidak ada karena anggaran yang dialihkan untuk penanggulangan pandemi.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Kapal, Kemenhub Dorong Kolaborasi Perusahaan Galangan Kapal dan Pelayaran Nasional

"Anggota Iperindo terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu galangan yang melayani reparasi dan pembangunan kapal baru. Kelompok terparah terdampak pandemi adalah galangan yang hanya melayani pembuatan kapal baru," ucap Edy.

Baca juga: Optimalkan TKDN, Pertamina Gandeng 3 BUMN Galangan untuk Perawatan Kapal

Ia menjelaskan, dengan kondisi saat ini strategi bertahan perusahaan pembuatan kapal baru adalah mengurangi overhead sebesar mungkin.

"Selain itu, untuk kelompok galangan kapal banyak yang merumahkan karyawannya dengan pembayaran gaji yang lebih minim," kata Edy.

Eddy mengungkapkan, dari catatan yang dimilikinya sekitar 15.000-25.000 tenaga kerja terkait galangan kapal terpaksa terkena pemutusan hubungan kerja.

"Dari Steadfast Marine sendiri saja kami termasuk subkontraktor sekitar 1.200 orang yang kehilangan pekerjaan di tempat kami," kata Eddy. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat