androidvodic.com

Ini Trik Jadi Pengusaha Sukses Ala Nasabah BRI Asal Lembang, Omzet Bisa Ratusan Juta Per Bulan - News

News - Nardi (42) seorang nasabah BRI asal Kampung Cikawari Nomor 3, RT 3/3, Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) membocorkan trik agar menjadi pengusaha sukses hingga beromzet ratusan juta.

Nardi sendiri kini memiliki beberapa usaha yakni 3 kios bakso, minimarket, dua kios penggilingan mie, rental mobil, bengkel las, isi ulang air, gas, jadi agen BRI Link dan saat ini tengah mengembangkan usaha hidroponik dengan omzet total Rp 700 juta sampai 900 juta per bulan dari semua usahanya.

Nardi mengatakan, dalam membuka usaha itu harus memiliki target pendapatan dan target tersebut diupayakan harus benar-benar tercapai agar usahanya tetap stabil dan bertahan.

"Target itu jangan sampai tidak tercapai, kalau misalnya target itu tidak tercapai, artinya kita harus menekan pengeluaran," ujar Nardi saat ditemui Tribun Jabar di kediamannya, Senin (25/10/2021).

Terkait trik tersebut, Nardi sudah mencobanya sendiri. Saat itu dia sampai rela menekan pengeluaran untuk merokok demi bisa mengejar target pendapatan dalam usaha tersebut.

"Saya ingin merokok juga rela ngelinting pakai temabaku saja saking ingin target itu tercapai. Begitu kita punya keiinginan mengejar target, otomatis dengan sendirinya kita akan tekun, ulet dan prihatin," katanya.

Artinya, kata dia, jika usaha ingin sukses, para pengusaha pemula harus rela berkorban, mencoba dan jangan takut rugi, sehingga keberanian dalam membuka usaha itulah yang paling utama untuk meraih kesuksesan.

Dalam membuka beberapa usahanya itu, Nardi juga merasakan suka dukanya meskipun hingga saat ini belum pernah sampai merasakan bangkrut dalam usahanya.

"Kalau rugi sudah biasa pasti pernah, bahkan saya pernah rugi sampai ratusan juta. Pertama usaha mebel rugi, kedua pernah usaha nuget rugi juga. Dua usaha itu rugi ratusan juta, terakhir saat buka rental mobil, satu unit sampai sekarang tidak kembali," ucap Nardi.

Meski mengalami kerugian, namun Nardi tidak sampai terpuruk karena kerugian itu masih bisa tertutupi oleh usaha lain. Sehingga para pengusaha pemula disarankan agar memiliki usaha lain seperti dirinya.

"Jadi bedanya pengusaha yang hanya satu bidang itu kalau rugi pasti jatuh dan susah bangkitnya. Tapi kalau yang banyak bidang, begitu salah satunya jatuh, masih ada bidang lain yang mengcover, jadi pasti aman," ujarnya.

Perjalanan Nardi dalam membangun bisnisnya tak hanya berhenti sampai di sini. Ia bersama pengusaha lokal lainnya yang tergabung dalam AgenBRILink juga berbagi beragam cerita inspiratif yang bisa disaksikan di lokalbricerita.id.  

Selain dapat mengetahui berbagai cerita inspiratif dari beragam UMKM yang ada di seluruh Indonesia, kamu juga bisa berkesempatan untuk mengikuti blogging competition Lokal BRICerita!

Melalui kompetisi bergengsi ini, kamu bisa berbagi kisah inspiratif dari UMKM yang ada di daerahmu. Serta kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah Rp 10 juta untuk tiga artikel terbaik.    

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan karya terbaikmu di blogging competition Lokal BRICerita melalui link di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat