androidvodic.com

Ketua AFI Yakin Industri Waralaba Kembali Bangkit saat Pandemi Covid-19 Telah Teratasi dengan Baik - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Usaha franchise dan Business Opportunity (BO) mengalami tantangan cukup berat di masa pandemi Covid-19.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan perlahan krisis pandemi sudah teratasi dan terlewati.

Dia optimistis industri waralaba bisa kembali bangkit.

“Ketika pandemi saat ini sudah mulai teratasi dengan baik oleh Pemerintah, pameran waralaba sudah bisa dilaksanakan, kami meyakini ekonomi akan tumbuh,” kata Anang di Jakarta, Sabtu (13/11/2021).

Menurutnya akibat pandemi Covid-19 ada bisnis yang bisa tetap bertahan dan tumbang.

Sejak Maret tahun lalu hingga kini, tak terhitung sudah berapa banyak perusahaan yang harus tutup operasional karena dahsyatnya efek yang ditimbulkan.

“Terlebih sejak diberlakukannya physical & social distancing, PSBB dan PPMK di beberapa wilayah di Indonesia, hal tersebut tentu membuat semua sektor industri termasuk waralaba terpuruk,” urai Anang.

Ia menyebut banyak usaha franchise dan Business Opportunity (BO) berdarah-darah. 

Omzet merosot tajam bahkan tidak sedikit juga yang tutup permanen.

Baca juga: Resmi Dibuka, IFRA Hybrid Business Expo Tawarkan Ragam Peluang Bisnis Waralaba

“Tentu hal ini menjadi keprihatinan bersama, karena bagaimanapun juga keberadaan Franchise dan BO di Indonesia cukup penting dalam memperkuat ekonomi kerakyatan di Indonesia,” lanjutnya.

Namun berkat kerja keras pemerintah dan semua elemen yang saling bahu-membahu mengatasi pandemi ini, titik cerah atas kembali pulihnya perekonomian indonesia mulai terlihat.

Atas dasar itu, untuk bisa kembali membangkitkan semangat para pelaku bisnis waralaba lokal, AFI bersama Majalah Franchise Indonesia mencoba melakukan dua pemetaan.

Pertama, pemetaan mengenai Franchise-franchise di Indonesia yang tidak hanya bertahan tapi juga mampu membukukan kinerja keuangan positif selama masa pandemi, (kurun waktu awal 2020  hingga akhir 2021 ini)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat