androidvodic.com

Diikuti 361 Karya, Kemenperin Gelar Indonesia Good Design Selection Berhadiah Total Rp 400 Juta - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Sesuai dengan perkembangan jaman, desain menjadi aspek penting untuk setiap produk industri.

Oleh karena itu, para desainer produk industri berperan sangat penting untuk mampu menerjemahkan kebutuhan konsumen saat ini.

Guna memberikan apresiasi tertinggi bagi para desainer produk industri, Kementerian Perindustrian menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection (IGDS).

Kegiatan IGDS ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas dan manfaat produk, serta mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal, yang diterima oleh pasar domestik dan global sebagai solusi berkelanjutan.

Baca juga: Jamkrindo Promosikan UMKM Binaan di Ajang BLU Expo 2021

IGDS ke 18 yang mengusung tema Produk Indonesia Berkarakter, diharapkan mampu mencerminkan karakter kuat berbagai jenis industri di Indonesia, di antaranya kerajinan, furnitur dan home decor, alat kesehatan dan keselamatan, serta alas kaki dan aksesoris fesyen.

"Perjalanan panjang IGDS telah menghadirkan khasanah desain produk industri Indonesia. Sejak pertama kali digulirkan pada tahun 2001 pesertanya tiap tahun terus meningkat, dan pada tahun 2021 ini sebanyak 361 karya," tutur Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat acara penganugerahan pemenang IGDS, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Terima Pengurus Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera, Bamsoet Dorong Digitalisasi UMKM

Melalui ajang IGDS, Menperin melihat kreativitas masyarakat Indonesia sangat besar dan kuat.

"Ini merupakan intangible resource yang sangat berharga bagi Indonesia dengan nilai ekonomi yang sulit dideskripsikan," imbuhnya.

Oleh karenanya, perlu pengoptimalan peluang tersebut dengan upaya kolaborasi yang intensif antara pemerintah, desainer dan industri.

"Saya menyambut baik dan berterima kasih atas kerja sama dan bantuan dari Asosiasi-asosiasi Desainer Indonesia dan Taiwan Design Research Institute pada gelaran IGDS 2021 ini. Semoga di tahun mendatang, kolaborasi antar stakeholder desain produk industri dapat lebih erat dan semakin memberikan nilai tambah dalam peningkatan daya saing produk industri nasional," ungkap Menperin.

Penghargaan IGDS 2021 diberikan kepada dua kategori yaitu Design Product untuk produk jadi dan Design Concept untuk konsep produk.

Baca juga: Selera Kapital Brands Berkomitmen Bawa Ribuan UMKM F&B Go Internasional dan IPO

Pada kategori Design Product terdapat lima jenis penghargaan yaitu Grand Award, Best 3, Peoples Choice, Best 20 dan Good Design.

Sementara pada kategori Design Concept terdapat dua jenis penghargaan yaitu Grand Award dan Best 3.

"Seluruh penerima penghargaan akan mendapatkan sertifikat dan hak penggunaan logo IGDS untuk promosi produk, serta bagi para penerima Grand Award, Best 3 dan Peoples Choice akan mendapatkan trofi dan hadiah uang tunai senilai total Rp 400 juta dari Kemenperin," terang Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Reni Yanita.

Ditjen IKMA Kemenperin juga berkomitmen meningkatkan kemampuan desainer produk industri dengan menjalin kerja sama dengan Taiwan Design Research Institute (TDRI), dengan melibatkan Mr. Oliver Link, Wakil Presiden TDRI sebagai Juri Kehormatan pada Penjurian Tahap III.

"Selanjutnya, para penerima penghargaan IGDS 2021 juga akan difasilitasi untuk ikut serta dalam Golden Pin Design Award 2022," jelas Reni.

Dari 22 penerima penghargaan IGDS tahun 2020 yang dikirimkan Kemenperin ke ajang Golden Pin Design Award 2021, tiga produk yaitu The Wave, ECOSAVIOR 45 dan Agniraga Roaster berhasil lolos ke seleksi kedua dan berhak menggunakan logo Golden Pin Design Mark pada produk mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat