androidvodic.com

Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh MLFF Berlaku Akhir 2022, Berikut Perbedaannya dengan E-toll - News

News, JAKARTA - Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) akan dimulai pada Desember 2022 di sebagian wilayah.

Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebut sistem transaksi Tol Nontunai Nirsentuh MLFF dapat mulai diterapkan pada 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali pada akhir tahun 2022.

Menanggapi itu, Corporate Secretary PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Reza Febriano menyampaikan bahwa perseroan turut mendukung dan menyetujui adanya sistem transaksi tol nontunai nirsentuh tersebut.

Bahkan, sejak tahun 2012, Jasa Marga telah mengimplementasikan Sistem Transaksi Nontunai Nirhenti berbasis Single Lane Free Flow (SLFF) with Barrier dengan Teknologi DSRC Infrared di beberapa lajur transaksi di Jabotabek.

“Sejak tahun 2019, Jasa Marga juga telah melakukan uji coba sistem pembayaran nirsentuh berbasis single lane free flow (SLFF) with barrier dengan teknologi RFID di 97 lajur transaksi Jabotabek dan Bali,” ungkap Reza dikutip dari Kontan.co.id.

Dengan demikian, Reza mengatakan, Jasa Marga melalui Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) mendukung penuh atas pelaksanaan sistem transaksi Tol Nontunai Nirsentuh berbasis MLFF.

Baca juga: Tak Perlu Berhenti di Gerbang Tol, Transaksi Non-Tunai MLFF Diterapkan Akhir 2022 di 40 Ruas Tol

“Apalagi memang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi serta memberikan nilai tambah nyata terhadap layanan pengusahaan jalan tol, sehingga tercipta proses pelaksanaan pengumpulan tol berdasar tata kelola yang baik,” katanya.

Di samping itu, penerapan sistem transaksi MLFF juga memberikan proses transaksi yang lebih efektif secara operasional, memiliki akurasi dan keamanan data pembayaran serta meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Pintu Tol Tangerang
Pintu Tol Tangerang (capture video)

Beda Transaksi E-toll dengan Pembayaran Tol Nirsentuh

Cara bayar masuk jalan tol pakai kartu e-toll berbeda dengan Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar tol tanpa sentuh.

Saat ini, memang transaksi pembayaran jalan tol sering menggunakan kartu e-toll secara non-tunai karena MLFF di Indonesia belum berlaku.

Kendati begitu, penting memahami sistem kerja MLFF yang memungkinkan dilakukannya cara lewat tol tanpa kartu.

Baca juga: Mulai Diberlakukan September 2022, Ini Tahapan Penerapan MLFF di Jalan Tol

Ini sekaligus menjadi informasi bagi yang kerap bertanya mengenai cara masuk gerbang tol bagi pemula agak kelak tidak bingung membedakan ragam transaksi yang bisa dilakukan untuk masuk tol.
Cara lewat tol tanpa kartu

Cara lewat tol tanpa kartu bisa dilakukan ketika MLFF sudah berlaku di Indonesia. Sistem kerja MLFF penting diketahui supaya tidak bingung ketika pembayaran tol nirsentuh sudah berlaku di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat