androidvodic.com

Harga Minyak Diramal Terus Mendidih Hingga 150 Dolar AS Per Barel, RI Siap? - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA -- Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, harga minyak dunia diramal terus meroket hingga ke level 150 dolar Amerika Serikat (AS) per barel.

Dia menjelaskan, potensi kenaikan harga minyak akibat kekurangan pasokan disebabkan oleh kapasitas dalam produksi OPEC+.

"Mengacu pada research dari JP Morgan, mereka memproyeksikan kenaikan pada harga minyak melampaui 125 dolar AS per barel tahun depan dan 150 dolar AS pada tahun 2023," ujar dia melalui risetnya, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Saat ini, lanjutnya, pergerakan harga minyak dunia menjadi perhatian pelaku pasar pasca penguatan signifikan dalam satu tahun terakhir.

"Di mana kenaikan harga tersebut memberikan dampak pada kenaikan inflasi yang lebih cepat," kata Nico.

Sementara, penurunan harga minyak sejak satu bulan terakhir seiring dengan kekhawatiran pelaku pasar terkait inflasi AS.

Baca juga: Presiden Jokowi Cek Kesediaan BBM di Terminal BBM Sanggaran Denpasar

Inflasi di Negeri Paman Sam tercatat mencapai level tertinggi sejak November 1990 dan berada di atas target bank sentral (The Fed) yaitu 2 persen.

Nico menambahkan, kenaikan tersebut memicu spekulasi pelaku pasar terkait kebijakan The Fed yang dinilai dapat memberikan dampak fluktuasi pada pasar keuangan.

Kemudian, pelaku pasar saat merespon upaya OPEC+ terkait rencana untuk meningkatkan produksi bulanan sebesar 400.000 barel per hari.

"Kenaikan dari produksi ini memicu spekulasi pelaku pasar terhadap potensi kenaikan harga minyak pada pasar spot. Sementara pada satu sisi, sentimen dari omicron masih memberikan tekanan pada harga, di mana pemulihan dari sektor riil berpotensi melambat apabila tak tertangani dengan baik," pungkasnya.

Baca juga: Pakai BBM RON Tinggi untuk Sepeda Motor, Apa Sih Manfaatnya?

Update Harga Minyak

Seperti dikutip dari Kontan.co.id, harga minyak menguat di awal pekan ini.

Senin (6/12/2021) pukul 8.00 WIB, harga minyak WTI kontrak Januari 2022 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 67,89 per barel, menguat 2,46% ketimbang akhir pekan lalu pada US$ 66,26 per barel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat