androidvodic.com

Sutopo Kristanto Ramaikan Bursa Waketum di Kongres XXII PII, Berikut Profilnya - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

News, JAKARTA – Kontestasi di Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Bali pada 16-18 Desember 2021 mendatang semakin meriah.Kongres XXII PII itu digelar untuk memilih Calon Wakil Ketua Umum PII mendampingi Ketua Umum PII.

Sejak pendaftaran calon ketua umum ditutup pada senin 22 November 2021, tercatat sudah ada 6 orang kandidat Wakil Ketua Umum PII yang mendaftarkan diri melalui panitia pemilihan.

Dari keenam nama tersebut yang menarik adalah munculnya nama Ir Sutopo Kristanto MM IPU, dalam bursa Waketum PII periode 2021-2024.

Sebagai tokoh senior di PII, dia memiliki sejumlah jabatan penting antara lain Direktur PT Pembangunan Jaya, Direktur Utama PT Jakarta Tollroad Development, Direktur Utama PT JTD Jaya Pratama dan Wakil Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Infrastruktur.

Ketua Umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (IKA ITS) itu mengusung tagline ‘KolaborAksi PII Untuk Indonesia Maju 2045”.

“Saya hendak mewujudkan visi PII sebagai pendorong kemandirian bangsa, agen perubahan dan pembangunan, serta value enabler melalui kontribusi aktif profesionalisme sumber daya keinsinyuran berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan peradaban dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia menuju Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, adil dan makmur,” ujarnya dalam keterangan pers pemaparan “Visi dan Misi Pencalonan” tersebut di Kantor Pusat PII, Jl Halimun Raya, Jakarta, Minggu (5/11/2021).

Baca juga: PII Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Untuk melaksanakan visi tersebut, Magister Manajemen IBII Jakarta itu mempunyai tiga misi yaitu menyelenggaraan keisinyuran yang handal dan profesional, yang mampu meningkatkan nilai tambah, daya guna dan hasil guna, memberikan perlindungan kepada masyarakat, serta mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Baca juga: Menteri LHK: Para Sarjana Kehutanan Segera Gabung PII

Dia juga ingin meningkatkan penguasaan dan pengembangan IPTEK melalui pendidikan, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan riset, percepatan penambahan jumlah insiyur yang sejajar dengan negara berteknologi maju, peningkatan minat pada pendidikan teknik dan pendidikan mutu insinyur profesional.

Baca juga: Pentingnya Audit Teknologi Produk Inovasi, IATI Jalin Kerja Sama Dengan PII

Untuk itu, peraih penghargaan Menteri Pekerjaan Umum RI atas pencapaian percepatan pembangunan Jalan Tol Cawang Priok itu akan mengutamakan lima nilai dasar yang harus dimiliki oleh insan insinyur yaitu Integritas, Komitmen dan Kompeten, Persahabatan, Profesionalisme, dan Entrepreneur.

Jika terpilih, Komisaris Jawa Pos Group ini mengatakan akan membantu dan mendampingi Ketua Umum PII dalam menjalankan roda organisasi.

“Saya akan menjalin koordinasi, kolaborasi, dan kerjasama dengan semua Pengurus Pusat, Wilayah dan Cabang PII; dan Menjalankan tugas dan kewenangan sesuai dengan tugas dan fungsi Wakil Ketua Umum PII,” ujarnya.

Selain Sutopo Kristanto, para kandidat alias calon Ketua Umum PII saat ini adalah Ir. Deserius Viby Indrayana, S.T, M.M., M.T.,IPU; Ir. Tonny Hari Widiananto, M.Sc.,IPU; Ir. Dwi Satriyo Annurogo, MT., IPU; Ilham Akbar Habibie, Dr.Ing., MBA; dan Dr. Ir. Isradi Zainal, ST, MT, SH, MH, MM, DESS, IPU, ASEAN. *

Berikut Profil Ir Sutopo Kristanto, MM, IPU

Pendidikan
1999 Magister Manajemen IBII Jakarta
1980 Sarjana Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Penghargaan:
Penghargaan Menteri Pekerjaan Umum RII atas pencapaian percepatan pembangunan Jalan Tol Cawang Priok
Honorary Fellow ASEAN Federation Engineering Organization
Pengharagaan Angka Nitisastro –ITS Award bagi Insan Berjasa Besar bagi Bangsa, Negara dan Almamater
Penghargaan Masa Bakti 40 tahun PT Pembanguan Jaya Group
Marketer of The Year 2020, Industri Marketing Special Mantion-Construction oleh Mark Plus, Inc

Pekerjaan:
Direktur PT Pembangunan Jaya
Direktur Utama PT Jakarta Tollroad Development
Direktur Utama PT JTD Jaya Pratama
Wakil Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Infrastruktur
Wakil Direktur Utama PT Jaya Real Property, Tbk
Wakil Presiden Direktur PT Jaya Obasyashi
Direktur PT Mitsubishi Jaya Elevator et Escalator
Komisarit Uatama PT Jaya Teknik Indonesia
Komisaris Utama PT Jaya Beton Indonesia
Komisarit Utama PT Jaya Daido Concrete
Komisarit PT Jaya Trade Indonesia
Komisaris Jawa Pos Group

Organisasi saat ini:
Anggota Dewan Pakar PII
Anggota Penasehat BK Sipil PII
Bendahara Umum Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia
Ketua Umum Ikatan Alumni ITS
Dewan Penasehat Komjur Alumni Sipil ITS
Ketua Dewan Pengawas Kegiatan Sosial kemasyarakatan Yayasan Pembangunan Jaya Raya
Chairman Jakarta World Junior Golf Championship di Damai Indah Golf, BSD Course
Dewan Pembina Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Yayasan Pendidikan Jaya
Dewan Pembina Kegiatan Sosial Yayasan Marga Pembangunan Jaya

Caption: Sutopo Kristanto manju mencalon sebagai Calon Wakil Ketua Umum dalam di Kongres XXII Persatuan Insinyur Indonesia (PII)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat