androidvodic.com

Perusahaan Jepang TCC Kuasai 11,4 Persen Lippo Malls Indonesian Retail Trust - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO -  Sebuah perusahaan Jepang, Tokyo Century Corporation (TCC) menguasai 11,4% Lippo Malls Indonesian Retail Trust (LMIRT) saat ini dibenarkan pihak TCC Selasa (14/12/2021).

"Benar, kita membeli LMIRT sebesar 11,4% lewat Singapura baru-baru ini," ungkap eksekutif TCC, T. Terao kepada News Selasa (14/12/2021).

LMIRT adalah Dana Investasi Real Estate (DIRE) berdasarkan hukum Singapura yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Singapura (SGX).

Transaksi ini membawa dampak positif bagi LPKR (Lippo Karawaci).

Selain memperkuat neraca, transaksi ini juga meningkatkan alur kas Perusahaan, ungkap  CEO LPKR John Riady dalam keterangannya, Senin (07/12/2021).

Perjanjian dilakukan oleh BWI (Bridgewater International Ltd) dan TCC untuk penjualan dan pembelian secara married deal di SGX atas instruksi kepada sekuritas masing-masing perusahaan.

"Benar kita transaksi di Singapura," tekannya lagi.

Pada awalnya diakuinya memang TCC punya hubungan baik dengan pihak Lippo.

"Kita lihat sebagai hubungan baik dengan Lippo dan membelinya lewat Singapura LMIRT tersebut," ungkap Terao lagi.

 Ketika ditanya apakah akan terlibat lebih jauh ke dalam LMIRT atau mengirimkan utusannya sebagai salah satu eksekutif di LMIRT, Terao menyanggahnya.

"Tidak kita cuma membeli itu saja saat ini tak ada hal lainnya lagi," tambahnya.

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), salah satu perusahaan real estat terkemuka di Indonesia, melalui anak perusahaannya yaitu Bridgewater International Ltd (BWI), menjual unit Lippo Malls Indonesian Retail Trust (LMIRT) sebanyak 874.912.770 unit.

Berdasarkan informasi Bloomberg, BWI ini merupakan suatu perusahaan yang beroperasi di Seychelles. Sementara LMIRT adalah suatu Dana Investasi Real Estate (DIRE) berdasarkan hukum Singapura yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Singapura (SGX).

Pihak yang membeli unit LMIRT adalah perusahaan asal Jepang, Tokyo Century Corporation (TCC). Berdasarkan perjanjian, harga penjualan unit LMIRT tersebut sebesar 67.368.283,29 (dibulatkan 67,37) dolar Singapura.

Grup Lippo melalui Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT) meraih dana sebesar S$ 281 juta atau setara dengan Rp 2,9 triliun (kurs Rp 10.857/S$), melalui penerbitan unit baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau rights issue yang selesai dieksekusi pada 14 Desember 2020.  Sedangkan Nilai transaksi penjualan unit LMIRT ke TCC mencapai Rp.709 miliar dengan asumsi kurs dolar Singapura Rp.10.538.

Unit baru LMIRT ini akan terdaftar di mainboard SGX mulai jam 9 pagi pada 22 Januari 2022. LMIR Trust adalah satu-satunya REITS (real estate investment trust) atau dana investasi real estate (DIRE) yang dikelola Grup Lippo dan tercatat di SGX-ST sejak 19 November 2007.

Perjanjian dilakukan oleh BWI dan TCC untuk penjualan dan pembelian secara 'married deal' di SGX atas instruksi kepada sekuritas masing-masing perusahaan.

"TCC adalah pihak independen yang tidak terafiliasi dengan LPKR," kata John Riady dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/12/2021).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat