androidvodic.com

Selain Media Sosial dan Marketplace, UMKM Perlu Website untuk Go Digital - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini pelaku bisnis maupun UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) perlu go digital untuk menggaet pangsa pasar yang lebih luas lagi.

Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, tak sedikit pelaku UMKM yang masih menghadapi masalah sulit untuk mengatasi digitalisasi usahanya. Padahal, pemerintah memiliki tujuan untuk menciptakan 30 juta UMKM go-digital sampai tahun 2024 mendatang.

Namun masih banyak masyarakat yang menganggap membuat website cukup merepotkan lantaran mesti berurusan dengan hal-hal teknis hingga anggapan besarnya biaya yang diperlukan untuk membuat website.

"Padahal, saat ini membuat website itu cukup mudah dilakukan meskipun tidak memiliki keahlian teknis sekalipun dan tanpa harus menyediakan modal besar," kata Amanda, Marketing Communication Wide Host Media, Jumat (4/2/2022).

Menurut Amanda, era digital telah mengubah perilaku masyarakat dalam urusan berbelanja.

Pengalaman masyarakat ini bisa dijadikan momentum bagi pelaku bisnis atau UMKM mengembangkan bisnis mereka dengan cara Go-Digital, salah satunya dengan membuat website atau toko online.

Dikatakan Amanda, banyak penyedia layanan hosting seperti Wide Host Media yang memberi kemudahan bagi pelaku bisnis untuk bisa membuat  etalase prodouk, situs profil, dan toko online agar bisa menjangkau calon pelanggan secara luas sehingga bisa meningkatkan penjualan ke depannya.

Meski perkembangan digital semakin pesat, tetapi masih ada pelaku usaha yang menjalankan usahanya secara konvensional.

Karenanya, pelaku bisnis bisa memanfaatkan layanan hosting murah mulai dari Rp5ribu per bulan dari Wide Host Media agar UMKM bisa naik kelas.

“Banyak manfaat yang didapat jika UMKM mengembangkan bisnisnya melalui webiste, seperti meningkatkan kepercayaan konsumen, sebagai toko pusat, dan masih banyak manfaat lainnya,” kata Amanda.

Kehadiran media sosial memang menunjang bagi pelaku usaha, tetapi dalam membangun brand dan citra positif dari suatu merek, kita tidak bisa mengandalkan platform tersebut.

“Website jadi sarana terbaik yang bisa dimanfaatkan pebisnis maupun UMKM untuk Go-Digital,” katanya lagi.

Website bisa dijadikan kanal marketing untuk mendorong calon konsumen di media sosial dan marketplace mengunjungi website toko online.

Jika pelaku usaha sudah memulai bisnisnya di marketplace, maka mereka bisa memanfaatkan website sebagai cabang toko online.

“Cara sederhana untuk membuat website adalah menentukan platform website, memilih hosting dan nama domain, langkah terakhir adalah menginstall wordpress dan menyesuaikan tampilan pada website toko online,” katanya.

Dia menambahkan, layanan hosting murah dari Wide Host Media sejatinya bisa membantu pelaku bisnis dan UMKM Go-Digital. Jadi, UMKM bisa Go-Digital dengan beberapa hal yang harus dilakukan, seperti membuat landing page, website, atau toko online sendiri dengan mudah dan cepat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat