androidvodic.com

Tingkatkan TKDN Produk Elektronik, Kemenperin Pertemukan IKM dan Produsen Besar - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Kementerian Perindustrian terus mengoptimalisasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di sektor industri.

Yang saat ini tengah di dorong TKDN-nya oleh Kemenperin ialah industri elektronik. Oleh karenanya, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) terus memfasilitasi kerja sama antara pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dengan industri besar.

Hal ini merupakan langkah yang direalisasikan Kemenperin untuk mempromosikan produk hasil inovasi pelaku IKM yang berhasil menjadi pemenang atau meraih penghargaan di bidang industri untuk dapat diproduksi secara massal oleh industri besar di sektornya.

Baca juga: Kemenperin Proyeksikan Ekosistem KBLBB Mencapai 1 Juta Unit Pada 2035

"Sesuai arahan Bapak Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, kami mencoba menawarkan produk portable wireless speaker pemenang ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) tahun 2021, bernama Sora Gelatik, untuk dapat dikomersilkan oleh PT Hartono Istana Teknologi (Polytron)," ungkap Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Reni Yanita, Minggu (6/2/2022).

Dirjen IKMA menjelaskan, produk purwarupa Sora Gelatik meraih penghargaan IGDS 2021 kategori Design Concept Best 3 dengan keunikan desain dan kisah produksi di belakangnya.

Sora Gelatik merupakan pengeras suara berbahan material alam perpaduan kayu jati dan bambu dengan teknik laminasi, yang dibuat secara manual (handmade) dari tangan dua komunitas pengrajin. 

"Pengeras suara ini memiliki dua fitur, yaitu dua unit speaker driver dan dua unit tweeter yang dilengkapi dengan bass dan aktivasi bluetooth, dengan dimensi yang compact," terangnya.

Baca juga: Kembangkan Kawasan Industri, Kemenperin Ungkap Sebanyak 46 Persen Lahan Telah Terisi

Sora Gelatik adalah karya Freddy Chrisswantra dari PT Bana Andaru Nusantara, yang ditujukan bagi para penggemar seni dan dekorasi, serta kolektor, desainer, arsitek, chef dan siapapun yang menyukai keunikan. 

"Beberapa waktu lalu, kami melakukan kunjungan kerja ke Polytron. Kami berharap Polytron dapat memperkaya produksi lokalnya dengan desain konsep Sora Gelatik yang sangat unik ini," jelas Reni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat