androidvodic.com

Indonesia Segera Miliki Dua Bendungan Kering di Bogor, Ini Fungsinya - News

News, JAKARTA -- Dalam waktu dekat ini Indonesia bakalan memiliki dry dam atau bendungan kering.

Kementerian PUPR saat ini tengah membangun dua bendungan kering di Kabuaten Bogor-Jawa Barat.

Direncanakan dua bendungan ini Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi selesai pembangunannya dan akan dioperasikan tahun ini.

Baca juga: Awal Perlawanan Warga Wadas Menolak Pembangunan Bendungan, Takut Mata Pencaharian Hilang

Kedua bendungan ini dibangun sebagai upaya merespons risiko bencana hidrometeorologi di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Sukamahi dan Ciawi merupakan bendungan yang memang khusus dibangun untuk mengendalikan banjir.

Sebagai bendungan kering, pengoperasinnya akan berbeda dengan bendungan lain.

Dua bendungan ini baru akan digenangi air pada musim hujan. Sementara pada musim kemarau bendungan ini bakal kering.

Bendungan Sukamahi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Bendungan Sukamahi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

"Dua bendungan ini tidak akan menampung air, karena air hujan hanya ditampung sementara dan dialirkan sekecil mungkin ke Sungai Ciliwung, sehingga diatur debitnya yang harus mengalir saat musim hujan," kata Basuki dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Proyek Pembangunan Bendungan Bener, Akar Persoalan Desa Wadas Diserbu Aparat hingga Warga Ditangkap

Lantas, sudah sejauh mana progresnya saat ini? Menjawab hal ini, Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Airlangga Mardjono menuturkan, progres pembangunannya sudah masuk tahap penyelesaian tubuh bendungan.

"Penyelesaian tubuh bendungan, kami rencanakan pertengahan tahun (2022) selesai," terang Airlangga kepada Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Dengan kata lain, progres fisik kedua bendungan secara keseluruhan telah mencapai 80 persen. Sementara, pembebasan lahannya sudah 98 persen.

Nantinya, pengoperasian bendungan akan menggunakan Aplikasi Sistem Manajemen Air Terpadu (SIMADU) Kementerian PUPR.

Baca juga: Mengenal Bendungan Bener, Proyek Pembangunan yang Jadi Akar Persoalan Desa Wadas Diserbu Aparat

Caranya, dengan memanfaatkan data klimatologi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menampilkan laporan kejadian banjir atau kekeringan, prakiraan cuaca dan hari tanpa hujan, termasuk prakiraan banjir dan kekeringan.

Untuk Bendungan Sukamahi, pembangunannya dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Basuki Rahmanta Putra dengan skema kerja sama operasi (KSO) senilai Rp 464,93.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat