androidvodic.com

Waduh, Uni Eropa Masukkan 26 Orang Rusia ke Daftar Hitam, Termasuk Jubir Kremlin dan Bos-bos Media - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, BRUSSELS - Uni Eropa (UE) telah memasukkan 26 warga negara Rusia 'tambahan' ke dalam daftar hitam, termasuk Juru Bicara Gedung Kremlin Dmitry Peskov, petinggi media dan satu badan hukum.

Langkah ini diambil Uni Eropa dan diumumkan di Jurnal Resmi Uni Eropa yang terbit pada Senin kemarin.

"Mengingat gawatnya situasi, Dewan menganggap bahwa 26 orang dan satu entitas harus ditambahkan ke daftar orang, entitas dan badan yang tunduk pada tindakan pembatasan yang ditetapkan dalam Lampiran Keputusan 2014/145/CFSP," kata Uni Eropa.

Dikutip dari situs TASS, Selasa (1/3/2022), bersama dengan Peskov, nama-nama yang termasuk dalam daftar hitam itu meliputi Direktur Eksekutif Rosneft Igor Sechin, CEO Transneft Nikolay Tokarev, Pendiri dan pemegang saham utama USM holding co Alisher Usmanov, Ketua dan Dewan Direksi Afta Bank Pyotr Aven.

Lalu pemilik bersama Grup Alfa Mikhail Fridman, Pemain cello dan pengusaha Sergey Roldugin, Wakil Perdana Menteri Dmitry Chernyshenko, Menteri Konstruksi dan Perumahan Irek Faizullin.

Baca juga: Volvo Cars Tunda Pengiriman Mobil ke Rusia Sampai BatasWaktu yang Belum Ditentukan

Selanjutnya Menteri Transportasi Vitaly Savelyev, Wakil Ketua pertama Dewan Federasi (majelis tinggi) Andrey Turchak, Sutradara film Tigran Keosayan, Jurnalis Olga Skabeyev, Ketua dan Dewan Direksi Bandara Sheremetyevo Alexander Ponomarenko, Pemimpin redaksi kantor berita Regnum Kolerov.

Kemudian Pemimpin Redaksi stasiun radio Govorit Moskva Roman Babayan,  Penulis dan salah satu pemimpin partai Just Russia - For Truth Zakhar Prilepin, Jurnalis dan pembawa acara Russia Today (RT) Anton Krasovsky, Jurnalis dan pembawa acara di saluran televisi Rossiya-1 Arkady Mamontov, Wakil Komandan pertama Armada Laut Hitam Sergey Punchuk.

Baca juga: Enggan Ikut Jatuhkan Sanksi ke Rusia, Perusahaan Energi Jerman E.ON Tolak Tutup Pipa Nord Stream 1

Ada pula Wakil Komandan Distrik Militer Selatan Alexey Avdeyev, Wakil Komandan Distrik Militer Selatan Rustam Muradov, Komandan Pasukan ke-8 Distrik Militer Selatan Andrey Sychevoy, Pemegang Saham mayoritas perusahaan investasi Volga Group dan pemegang saham di Bank Rossiya Gennady Timchenko, Ketua dan Dewan Direksi Severstal Alexey Mordashev, serta Ketua Promsvyazbank Pyotr Fradkov.

Baca juga: Rusia Desak Google Buka Channel Medianya di YouTube yang Diblokir

Deretan nama itu dilarang memasuki wilayah UE, dan jika mereka memiliki aset di negara-negara UE, maka akan dibekukan.

Selain itu, sanksi telah dijatuhkan kepada Perusahaan Asuransi Industri Gas SOGAZ.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam pidatonya yang disiarkan televisi nasional pada Kamis pagi waktu setempat bahwa sebagai tanggapan atas permintaan para Kepala Republik Donbass, ia telah membuat keputusan untuk melakukan operasi militer khusus.

Langkah ini diklaim untuk melindungi orang-orang 'yang telah mengalami pelecehan dan genosida selama 8 tahun oleh rezim Ukraina'.

Kendati demikian, pemimpin Rusia itu menekankan bahwa negaranya tidak memiliki rencana untuk menduduki wilayah Ukraina.

Saat mengklarifikasi perkembangan yang sedang berlangsung, Kementerian Pertahanan Rusia juga meyakinkan bahwa pasukannya tidak menargetkan kota-kota di Ukraina.

Namun hanya terbatas pada penyerangan dan pelumpuhan infrastruktur militer Ukraina saja. Tidak ada ancaman apapun yang ditujukan terhadap penduduk sipil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat