androidvodic.com

Minyak Goreng Masih Langka, Komisi VI Ungkap Ada Tiga Penyebabnya - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Amin Ak menyebut terdapat tiga kemungkinan minyak goreng hingga saat ini masih langka di pasar-pasar tradisional.

Pertama, kata Amin, kebijakan dometic market obligation (DMO) 20 persen dari volume ekspor tidak sepenuhnya dipatuhi pengusaha sawit.

"Kedua, DMO dipatuhi, tapi CPO hasil DMO itu tidak pernah sampai ke pabrik pengolahan minyak goreng, namun diduga mengalir ke pihak lain," kata Amin, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Warga Lebak Sudah 2 Minggu Memasak Hanya Merebus Pakai Air Karena Minyak Goreng Langka

Kemungkinan ketiga, Amin menyebut seperti temuan yang disampaikam Ombudsman RI, di mana ada pengusaha distributor nakal yang menimbun minyak goreng, untuk kemudian disalahgunakan untuk kepentingan lain.

“Kemendag itu merupakan bagian dari Satgas Pangan. Lebih baik bersama-sama komponen satgas lainnya mengurai penyebab kelangkaan minyak goreng dan menyelesaikan masalah tersebut secepatnya," papar Amin.

Baca juga: Warga Blora Jateng Terpaksa Antre Berjam-jam Demi Mendapatkan Minyak Goreng

Menurutnya, Kemendag pun harus fokus menindaklanjuti temuan Ombudsman dan KPPU yang mengindikasikan ada penimbunan oleh pengusaha tertentu.

Kemudian, Kemendag juga harus menyelidiki mengapa enam perusahaan atau pabrik minyak goreng terancam tutup karena kesulitan bahan baku.

“Ini aneh, DMO 20 persen sudah diberlakukan lebih dari 2 pekan lalu, tapi ada pabrik minyak goreng kesulitan bahan baku. Selain itu di berbagai daerah minyak goreng juga masih langka, kemana CPO dari DMO 20 persen?" ujar Amin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat