androidvodic.com

Tumbuh 5,9 Persen, Penyaluran Kredit Perbankan Tembus Rp5.741 Triliun di Februari 2022 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Ismoyo

News, JAKARTA - Bank Indonesia dalam laporannya menyebutkan, penyaluran kredit perbankan pada Februari 2022 tercatat sebesar Rp5.741,5 triliun.

Merujuk data uang beredar, angka tersebut tumbuh positif 5,9 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

"Kredit yang disalurkan oleh perbankan pada Februari 2022 terus menunjukkan tren positif," jelas Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, Kamis (24/3/2022).

Dirinya menjelaskan, akselerasi pertumbuhan kredit perbankan didorong oleh kinerja debitur perorangan dan kredit kepada korporasi.

Baca juga: Jamkrindo Berbagi Pengalaman Implementasi KMK PEN di Penyelenggaraan ACSIC 2021 

Kredit kepada perorangan pada Desember 2022 tercatat tumbuh sebesar 7,3 persen (yoy). Sementara itu, kredit kepada korporasi terakselerasi 5,9 persen (yoy).

Berdasarkan jenis penggunaannya, perkembangan penyaluran kredit pada Februari 2022 dipengaruhi oleh penyaluran Kredit Investasi (KI) dan Kredit Konsumsi (KK).

Untuk Kredit Modal Kerja (KMK), sedikit melambat.

Kredit Investasi (KI) pada Februari 2022 terakselerasi dari 3,2 persen (yoy) pada Januari 2022 menjadi 4,9 persen (yoy). Terutama di sektor industri pengolahan, serta sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan.

Di sisi lain, KMK tumbuh 7,1 persen (yoy) pada Februari 2022, sedikit melambat dari bulan sebelumnya 7,2 persen (yoy).

Baca juga: Ini Alasan OJK Larang Perbankan Fasilitasi Jual Beli Kripto

Perlambatan ini terjadi pada penyaluran KMK di sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan serta sektor industri pengolahan.

Sementara itu, pertumbuhan Kredit Konsumsi (KK) terus menunjukan akselerasi, dari 4,9 persen (yoy) di Januari 2022, menjadi tumbuh 5,0 di Februari 2022.

Baca juga: Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran, Kemenhub Bagikan Bantuan Fasilitas Kredit dan Asuransi Nelayan

Hal tersebut disebabkan oleh akselerasi penyaluran kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan kredit Multiguna.

Penyaluran kredit kepada UMKM pada Februari 2022 tumbuh sebesar 14,4 persen (yoy), meningkat dari bulan sebelumnya (13,3 persen, yoy), terutama pada kredit skala mikro dan kecil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat