androidvodic.com

Berbagi di Bulan Ramadan, Teknik Upcycling Berdayakan Penjahit Lokal - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi momentum yang sangat baik untuk saling berbagi dengan sesama masyarakat.

Ritel fesyen Manzone bekerjasama dengan Setali Indonesia melakukan kampanye #BaikUntukKita dalam memberikan manfaat untuk sesama.

"Pada kampanye ini kami berkolaborasi dengan Setali Indonesia dengan membuat sebuah movement mengajak seluruh masyarakat untuk mengumpulkan baju atau celana yang sudah tidak digunakan untuk didonasikan," ujar General Manager Manzone Laura Kristina melalui keterangan tertulis, Jumat (8/4/2022).

Laura mengatakan pihaknya telah menempatkan recycle box bagi masyarakat yang ingin mendonasikan pakaian bekasnya yang sudah tidak digunakan untuk di-upcycling oleh Setali Indonesia.

Baca juga: Tiga Tahun Vakum sebagai Model, Paula Verhoeven Bangga Tampil di Arab Fashion Week

Recycle box ini didistribusikan di lima titik showroom Manzone yang ada di Jakarta, yaitu Pondok Indah Mall 2, Gandaria City, FX Sudirman, Mall Kelapa Gading 3, & Kota Kasablanka.

"Barang yang telah terkumpul, disortir dan di upcycling ini nantinya akan disalurkan melalui Setali Indonesia," tutur Laura.

Setali Indonesia adalah komunitas non-profit yang berdiri pada tahun 2018.

Komunitas ini berfokus pada recycle pakaian untuk mengatasi limbah tekstil dan memberdayakan komunitas pengrajin serta penjahit lokal untuk meningkatkan mata pencaharian mereka.

“Setali mengolah limbah fesyen yang disalurkan oleh masyarakat maupun organisasi atau usaha lain untuk kemudian dijadikan karya fesyen unik menggunakan teknik upcycling," ucap Co-Founder Setali Indonesia Intan Anggita.

Limbah sisa dari produksi upcycling pun akan Setali olah dengan proses recycling bersama mitra-mitra Setali.

Setali juga bekerja sama dengan brand lokal dalam mengimplementasi proses produksi yang lebih ramah lingkungan dengan mengolah limbah fesyen mereka dan memproduksi koleksi upcycle.

”Kami berharap lebih banyak masyarakat dapat menyadari betapa mudahnya mengatasi masalah limbah fesyen dan kemudian menjadi lebih aktif ikut serta dalam inisiatif yang positif lainnya,” ujar Intan Anggita.

Brand Marketing Manzone Eduardus Rayendra mengatakan Manzone memberikan reward sebagai bentuk terima kasih kepada customer yang sudah ikut berdonasi dengan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk produk regular.

“Kami harap kegiatan positif ini bisa membuka banyak hati masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan terus membuat kami berinovasi dan tidak lupa memberikan dampak baik untuk banyak orang,” pungkas Eduardus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat