androidvodic.com

Ramai-ramai Pilot Lapor Ada Balon Udara Liar di Hari Lebaran, Begini Ceritanya - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - AirNav Indonesia kembali mendapatkan sejumlah laporan pilot dan masyarakat terkait aktivitas balon udara liar, yang terbang bebas hingga ketinggian 35.000 kaki atau 10.600 meter di atas permukaan air laut, di ruang udara di atas Pulau Jawa dan sekitarnya pada hari H Lebaran.

Beberapa laporan spesifik di antaranya adalah pada pukul 07.00 WIB, 3 buah balon di sebelah barat poin SRONO dengan ketinggian 7.000 kaki, berdasarkan laporan pilot Batik Air rute Jakarta-Banyuwangi.

"AirNav berkoordinasi dan berperan serta secara intensif dengan stakeholder penerbangan, untuk memantau laporan aktivitas balon udara liar," ujar Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi dalam keterangan pers, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Pesawat Boeing Terguncang Hebat Usai Terjang Petir di Atas Wilayah Udara Kal Baisakhi India

Selain itu, Airnav melakukan langkah-langkah antisipatif dan pencegahan potensi bahaya balon udara liar bagi penerbangan, dengan melakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat dan sweeping ke sejumlah wilayah yang diperkirakan menjadi daerah asal balon udara liar.

Rosedi menambahkan, AirNav terus meningkatkan awareness terhadap aktivitas balon udara liar, mengingat potensi dampaknya terhadap operasional navigasi penerbangan menjadi kewaspadaan dan tanggung jawab seluruh stakeholder penerbangan.

"AirNav akan melaporkan update informasi terkini, terutama kepada para pengguna jasa untuk memastikan pelayanan navigasi penerbangan diberikan dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

Baca juga: Cara Pasang Set Top Box TV Digital, Ini Daftar 75 Merek STB Resmi Sertifikasi Kominfo

Adapun rincian laporan selain dari pilot Batik Air rute Jakarta-Banyuwangi yang diterima Airnav soal keberadaan balon udara liar di hari H Lebaran, yakni pada 08.00 WIB, 1 buah balon di daerah Magelang dengan ketinggian 2500 - 3000 kaki dan terus naik dari laporan warga.

Ketiga pada 08.34 WIB, 1 buah balon di sebelah timur laut Kota Surabaya dengan ketinggian 31.000-32.000 kaki dari laporan pilot Citilink rute Banyuwangi-Jakarta.

Keempat pada 08.56 WIB, 3 buah balon di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan ketinggian 10.000-21.000 kaki dari laporan pilot Citilink rute Yogyakarta-Jakarta.

Kelima pada 09.03 WIB, 1 buah balon di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan ketinggian 15000 kaki dari laporan pilot Super Air Jet rute Yogyakarta-Jakarta.

Keenam pada 09.40 WIB, kumpulan balon 20-25 buah di sebelah barat Kota Semarang dengan ketinggian 14.000-17.000 kaki dari laporan pilot Citilink rute Jakarta-Semarang.

Ketujuh pada 11.45 WIB, 1 buah balon di atas Gunung Semeru dengan ketinggian 35.000 kaki dari laporan pilot Air Asia rute Jakarta-Bali.

Kedelapan pada 12.26 WIB, 5 buah balon di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan ketinggian 9.000 kaki dari laporan pilot Lion Air rute Jakarta-Yogyakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat