androidvodic.com

Menhub Optimis Industri Penerbangan Indonesia Akan Bangkit dalam Waktu Dekat - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, pemulihan industri penerbangan di sejumlah negara akan terjadi.

Meski begitu, Budi Karya menyampaikan, waktu dan kecepatan pemulihannya akan berbeda karena tergantung dari karakteristik dan geografis wilayah serta kebijakan di masing-masing negara.

“Saya optimis industri penerbangan di Indonesia akan kembali bangkit dalam waktu dekat,” ucap Budi Karya dalam diskusi Reviving Aviation, Rebuilding Connection di kegiatan Changi Aviation Summit 2022, Singapura, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Pesawat Citilink Rute Banjarmasin-Jakarta Mendarat Darurat di Semarang, Ini Penjelasan Manajemen

Budi Karya menyebutkan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang membutuhkan konektivitas melalui angkutan udara dan ini yang membuat optimisme bangkitnya industri penerbangan di Indonesia dalam waktu dekat.

Menurutnya, ada sejumlah indikator membuat industri penerbangan nasional akan segera bangkit diantaranya yaitu 70 persen penumpang angkutan udara adalah penumpang domestik.

Baca juga: Uni Eropa Akan Cabut Persyaratan Penggunaan Masker untuk Penumpang Pesawat

“Kemudian tingkat vaksinasi yang tinggi, penurunan kasus Covid-19, pelonggaran pembatasan perjalanan dan permintaan masyarakat yang mulai meningkat terhadap angkutan udara,” ujar Budi Karya.

Ia juga menjelaskan, pada saat momen mudik Lebaran 2022 permintaan masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan angkutan udara sangat tinggi.

Berdasarkan data pergerakan penumpang angkutan udara pada masa mudik tahun ini mencatatkan angka tertinggi selama masa pandemi dan hampir mendekati masa sebelum pandemi.

Baca juga: Tembak Pesawat Kargo yang hendak Mendarat di Bandara Ilaga Ditembak, Diduga Dilakukan KKB Papua

Tercatat, dari data Traveller 2022, pada masa mudik sebanyak 2,9 juta pergerakan penumpang atau 82 persen dari jumlah pemudik tahun 2019 sebelum pandemi.

“Ini juga menunjukkan optimalisasi utilitas armada pesawat telah efektif dilakukan untuk melayani lonjakan penumpang,” kata Menhub.

Tingginya permintaan penumpang pada saat mudik, lanjut Budi Karya, akan terus berlanjut dan menjadi titik balik kebangkitan industri penerbangan nasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat