androidvodic.com

Dikritik Luas Netizen, Perusahaan Baim Wong dan Indigo Cabut Permohonan Merek Citayam Fashion Week - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) telah menerima secara resmi surat penarikan kembali permohonan merek Citayam Fashion Week (CFW) dari PT Tiger Wong Entertainment hari Selasa (26/7/2022).

Sistem DJKI mencatat pengajuan penarikan merek oleh bisnis hiburan milik aktor Muhammad Ibrahim atau disapa Baim Wong itu dilakukan pada pukul 14.04 WIB.

“PT Tiger Wong Entertainment sudah resmi menarik merek Citayam Fashion Week dengan nomor permohonan JID2022052181 pada siang ini,” kata Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Kurniaman Telaumbanua lewat keteragannya, Selasa (26/7/2022).

Dalam surat penarikan mereknya, pemohon menerangkan alasannya menarik merek CFW karena ingin mengembalikan kepada yang berhak.

Dengan surat penarikan permohonan ini, DJKI tidak akan melanjutkan proses pendaftaran merek CFW dari PT Tiger Wong Entertainment dan Indigo Aditya Nugroho.

Sebelumnya, pemohon atas nama Indigo Aditya Nugroho juga telah menarik permohonan mereknya di DJKI pada 26 Juli 2022.

Dalam surat itu, pihak Indigo menerangkan pihaknya berpendapat dari awal tidak berniat menguasai merek CFW.

Baca juga: Baim Wong Menangis Dianggap Ambil Alih Citayam Fashion Week: Ini Bukan untuk Uang

Pada surat penarikannya, Indigo  menyampaikan bahwa pada mulanya mendaftarkan merek ini atas dasar kekhawatiran merek CFW kehilangan identitas dan orisinalitas acara dan konten-konten yang dibuat oleh para konten kreator lokal yang sejak semula sudah melakukannya.

DJKI berharap penarikan ini menenangkan masyarakat yang khawatir merek CFW didominasi satu pihak saja.

“Kami menyambut niat baik para pihak yang telah menarik kembali permohonan merek Citayam Fashion Week ini karena seperti yang kita tahu merek ini digunakan sebelumnya oleh komunitas untuk nama kegiatan kreatif secara komunal,” katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil Balas Menohok Warganet yang Bela Baim Wong, Disebut Gembar-gembor: Nasihat Saya Sopan

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Kekayan Intelektual memastikan bahwa pengajuan merek Citayam Fashion Week yang diajukan Baim Wong belum ditarik.

“Sampai saat ini belum mengajukan penarikan. Karena pasti kalau sudah mengajukan penarikan ada surat ke kita,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Razilu dalam konferensi pers di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Razilu menambahkan pihaknya sudah mendengar informasi terkait penarikan itu. Namun demikian, Kemenkuham belum menerima secara formal pengajuan atau penarikan kembali merek Citayam Fashion Week itu.

“Karena ketika pemohon mengajukan penarikan kembali, kita akan mengeluarkan surat bahwa ini sudah ditarik kembali,” ujarnya.

Selain itu, jika permohonan merek itu sudah dicabut, maka statusnya akan berubah dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia (PDKI).

“Jadi sampai saat ini belum ada,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat