androidvodic.com

Harga Melambung 25 Kali Lipat, Ratusan Wisatawan Batalkan Kunjungi Pulau Komodo - News

News, MAUMERE - Penerapan tarif baru tiket masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) sebesar Rp 3,75 juta per orang mulai terasa dampaknya.

Para calon wisatawan ke daerah Pulau Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mulai berkurang, hal itu dirasakan oleh pelaku pariwisata yang tergabung dalam asosiasi travel.

Para agen travel wisata mengaku kehilangan ratusan wisatawan, para wisman itu disebut membatalkan niatnya datang ke Pulau Komodo.

Pembatalan kedatangan para wisatawan melihat destinasi pariwisata super premium diduga dipicu adanya keputusan menaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo.

Baca juga: Rugikan Pariwisata Labuan Bajo, Anggota DPR Ini Juga Tolak Kenaikan Tarif ke Pulau Komodo

“Ada ratusan wisatawan yang membatalkan kunjungan ke Manggarai Barat,” kata Ketua Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) Kabupaten Manggarai Barat, Ignasius Suradin kepada wartawan di Labuan Bajo, Kamis, 4 Agustus 2022 siang.

Ia menjelaskan, ratusan wisatawan baik wisatawan domestik dan mancanegara yang sudah berencana dan berniat mengunjungi Pulau Komodo dan Labuan Bajo langsung membatalkan rencana mereka.

Pasalnya, tarif masuk Pulau Komodo sebesar 3,75 juta rupiah dirasa terlalu mahal karena naik 25 kali lipat dari harga untuk turis lokal.

Sebelumnya harga tiket masuk untuk turis domestik sebesar Rp 150.000 dan turis mancanegara Rp 300.000 per orang.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah mengkaji kembali keputusan menaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat.

Untuk diketahui, aksi demo Labuan Bajo yaitu mogok asosiasi dan pelaku usaha pariwisata di Labun Bajo, Kabupaten Manggarai Barat menolak kenaikkan harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo sempat membuat pelayanan jasa transportasi di Bandara Komodo terhenti.

Aksi mogok pada Senin 1 Agustus 2022 itu memaksa pemerintah setempat turun tangan untuk mobilisasi wisatawan dari Bandara ke hotel dan penginapan.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Rabu 3 Agustus 2022, aktivitas di Bandara Komodo sudah kembali normal, hanya saja terjadi penurunan jumlah penumpang yang turun di Bandara Komodo.

Baca juga: Tarif TN Komodo Naik, Ribuan Pelaku Parekraf Terancam Jadi Pengangguran hingga Muncul Isu Pungli

Informasi yang dihimpun POS KUPANG.COM, pada Rabu terdapat sepuluh pesawat yang mendarat di Bandara Komodo. Pesawat terakhir yang mendarat yakni pukul 15.00 Wita.

Sementara itu total jumlah penumpang hari ini 817 orang atau mengalami penurunan dari sebelum tarif harga tiket masuk Taman Nasional Komodo diterapkan.

Taman Nasional Pulau Komodo
Taman Nasional Pulau Komodo (Traveluxion)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat