androidvodic.com

Genjot Ekspor, Menkeu Dorong LPEI Tingkatkan Kolaborasi dan Manfaatkan SDM - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mendorong Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk terus melakukan kolaborasi dengan semua pihak untuk menggenjot ekspor di berbagai daerah.

Menurutnya, momentum ulang tahun LPEI yang ke-14 dapat dijadikan sebagai daya ungkit untuk bekerja lebih baik lagi dan senantiasa bekerja sama dengan para pemangku kepentingan lainnya, mencapai hasil yang lebih maksimal dan bermanfaat luas.

Baca juga: Cegah Praktik Pencucian Uang, LPEI Kerjasama dengan PPATK

“Saya berharap LPEI dapat terus meningkatkan kolaborasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Misalnya anda ingin menjalankan program Desa Devisa. Ayo kerjakan, kita bisa membina mereka menjadi pusat produksi yang lebih kompetitif. Caranya, LPEI tidak bisa bekerja sendirian tapi berkolaborasi dengan misalnya dengan sesama Special Mission Vehicle (SMV)," tutur Sri Mulyani yang ditulis Jumat (2/9/2022).

Baca juga: LPEI dan Ditjen Bea Cukai Sinergi Bantu UMKM Tembus Pasar Ekspor

Ia pun berpesan agar LPEI dapat mewujudkan semangat dan dedikasinya yang tercermin melalui budaya lembaga Apik (Agile, Profesionalisme, Integritas, dan Kreatifitas) dalam menjalankan misi pembangunan.

“LPEI dibentuk oleh Kemenkeu sebagai lembaga yang Sui Generis yang artinya memiliki misi khusus dan unik untuk menjalankan misi pembangunan, mendorong ekspor nasional,” ujarnya.

LPEISemakinAPIK menjadi tema yang diusung LPEI dalam memperingati Tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-13.

Sejalan dengan arahan Menteri Keuangan, Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menyampaikan LPEI berkomitmen untuk mengedepankan kolaborasi guna menciptakan manfaat yang luas dan berkelanjutan bagi masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja lembaga mengacu pada core values lembaga Apik dalam rangka mendorong ekspor nasional,” kata Riyani.

Baca juga: LPEI Tingkatkan Kapasitas Usaha Petambak Udang Lewat Pelatihan Manajemen Ekspor

LPEI juga terus memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan kementerian dan lembaga, serta pemangku kepentingan untuk memperkuat ekosistem ekspor Indonesia.

Berkolaborasi dengan Ditjen Bea Cukai, DJKN, DJPPR, Pajak, SMV, LPEI mewujudkan aspirasi KemenkeuSatu melalui antara program Desa Devisa, Rumah Ekspor dan pelatihan UMKM berorientasi ekspor.

LPEI juga mengembangkan kolaborasi bersama Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Parekraf, Kementerian Desa.

Kemudian, Bank Indonesia untuk membangun Desa Devisa dan meningkatkan daya saing produk atau komoditas lokal sehingga mampu merambah pasar dunia.

"Bersama dengan Sarinah, LPEI memberi pembiayaan untuk mendorong kinerja ekspor serta meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan mitra UMKM Sarinah yang berorientasi ekspor," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat