androidvodic.com

Genjot Mutu Operasi, Antam Gelar Pelatihan Keselamatan Kerja - News

Laporan Wartawan News, Sanusi

News, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (Antam), menggelar Training of Trainer (TOT) Antam Safety Resilience Program Bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada 22 Agustus – 2 September 2022.

Direktur Operasi dan Produksi Antam, I Dewa Wirantaya menyebut, kegiatan TOT tersebut dilakukan juga untuk meningkatkan mutu operasi perusahaannya. 

“Kami menyadari, kegiatan pertambangan memiliki risiko yang tinggi sehingga pemahaman aspek keselamatan kerja menjadi kunci penting dalam pelaksanaan operasional perusahaan,” katanya, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini, 2 September 2022: Turun Jadi Rp 947.000 Per Gram, Ini Rincian Harganya

Dewa menyebut, dalam kegiatan TOT yang dilakukan kepada 24 perwakilan pegawai dari unit/unit bisnis, project dan anak usaha Antam ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk meningkatkan budaya Keselamatan pertambangan menuju ANTAM Safety Resilient di perusahaannya.

“Peningkatan pengetahuan dan kompetensi pegawai pada aspek safety menjadi suatu kewajiban di Antam dan tidak hanya terbatas pada kegiatan operasional di tambang dan pabrik, tapi juga di bagian supporting yang ada di kantor,” jelasnya.

Dewa juga menyebut, nantinya, para peserta TOT ini akan menjadi agent of change yang bertugas sebagai trainer di lokasi kerja masing-masing agar seluruh pekerja dapat meningkatkan kompetensinya dalam aspek K3.  

Selain itu, guna menjaga pelaksanaan aspek keselamatan pertambangan dalam operasionalnya, Antam juga melakukan implementasi Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP), mendorong empowering human competency di seluruh pegawai dan mitra kerja, mendorong partisipasi aktif pekerja dalam program pencegahan kecelakaan, melakukan medical check-up (MCU) secara berkala, serta memastikan kegiatan operasional dilaksanakan dengan memenuhi standar baku mutu lingkungan.

Baca juga: Awal September 2022, Harga Emas Batangan Antam Anjlok Rp8.000, Kini di Level Rp949.000 per Gram

“Semua upaya ini dilakukan Antam karena kami sadar betul, keselamatan dan kesehatan seluruh pegawai merupakan hal yang harus dijaga bersama. Kami menargetkan untuk kembali dapat mencapai zero fatality dan meminimalisir kecelakaan kerja di setiap lini operasi Antam,” tutupnya.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat