androidvodic.com

Sri Mulyani Kaget Lihat Gelandangan di Amerika, Bambang Haryo: Mungkin Cuma Akting! - News

News, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik, Bambang Haryo Soekartono meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk tidak lakukan pembodohan publik.

Dia menanggapi pernyataan Sri Mulyani yang kaget melihat ada banyak gelandangan dan tunawisma di Amerika Serikat (AS).

Bambang Haryo yang merupakan Anggota DPR-RI Periode 2014-2019 ini mengatakan keberadaan gelandangan atau tunawisma serta kawasan kumuh di Amerika itu sudah ada mulai sebelum 2014, jumlahnya sebanyak 578 ribu tunawisma.

Pria yang biasa disapa BHS ini mengatakan mayoritas tunawisma yang ada di Amerika Serikat, bertempat di kota-kota besar Amerika contohnya di California yaitu sebanyak 161 ribu gelandangan.

Baca juga: Cewek Bule Jerman Jadi Gelandangan di Bali, Tak Punya Bekal Lalu Tinggal di Rumah Kosong

Dan kedua di New York yaitu sebanyak 91 ribu gelandangan, yang merupakan kota pusat administrasi bisnis Amerika.

"Sebetulnya, Menkeu Sri Mulyani yang sudah sekolah lama di Amerika dan tinggal serta menjabat sebagai direktur di Amerika seharusnya tidak perlu kaget lagi mengenai permasalahan general yang ada di Amerika," kata BHS.

Alumni ITS Surabaya ini mengatakan Sri Mulyani merupakan Menteri Keuangan RI yang mana wawasannya jauh lebih besar daripada kita rakyat rakyat biasa.

"Masa perkara melihat tunawisma di Negara Amerika saja kaget. Apa ini semua akting semata saja. Supaya Indonesia terlihat lebih baik dari Amerika dari segi perekonomiannya?" tanya BHS

Untuk diketahui, lanjut BHS, Upah Minimum Regional (UMR) di Amerika Serikat per bulan berkisar total 1.109 Euro atau setara dengan Rp 17 juta.

Sedangkan di Indonesia UMR pekerja formal berkisar antara Rp 1,8 juta sampai Rp 4,8 juta dan mayoritas 90 persen berkisar Rp 3 juta ke bawah.

"Serta sebagian besar penduduk di Indonesia adalah pekerja informal yang gajinya suka suka ada sekitar 60% dari total penduduk Indonesia yang bekerja, baik formal maupun Informal," kata BHS.

BHS menambahkan, Menkeu harusnya fokus pada urusan dalam negeri yakni memperbaiki dan mengawasi ekonomi kita dengan maksimal dan berpikir bagaimana Indonesia bisa maju ekonominya, jangan sampai tambah mundur.

Sebelumnya dikutip dari Tribun Medan, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Kaget Lihat Gelandangan di Amerika Serikat, Kapten Kapal Vincent Hulu Rekam Kondisi Kota Kensington Avenue, Philadelphia, Kota Zombie!

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melihat fenomena melonjaknya jumlah gelandangan atau tunawisma (gelandangan) di jalanan Amerika Serikat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat