androidvodic.com

Tips Mengelola Keuangan Keluarga secara Efektif, Nomor 4 Penting Banget! - News

News - Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengelola keuangannya. Bagi mereka yang sudah berkeluarga, mengelola keuangan bahkan dapat menjadi suatu hal yang cukup rumit.

Dengan bertambahnya kebutuhan yang perlu dipenuhi setiap harinya, terdapat banyak kendala yang dapat timbul saat Anda mengelola keuangan keluarga, mulai dari biaya pendidikan anak yang makin tinggi setiap tahun, pengeluaran yang berlebih, hingga tidak tersisanya dana untuk tabungan.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Untuk dapat mengelola keuangan keluarga secara efektif, Anda dapat melakukan 4 tips berikut ini:

1. Buat catatan keuangan

Pertama-tama, Anda perlu memiliki catatan keuangan yang mencakup segala jenis kebutuhan keluarga serta jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Membuat catatan keuangan tak hanya bermanfaat untuk mengetahui jumlah pengeluaran setiap minggu atau bahkan setiap hari, namun juga dapat memperkirakan sisa dana yang bisa Anda dapatkan setiap bulannya.

Agar catatan keuangan ini dapat dibuat secara konsisten, pastikan untuk melakukannya dengan segera setelah gajian!

2. Prioritaskan kebutuhan utama

Jika Anda sudah mulai membuat catatan keuangan namun masih mendapati pengeluaran yang berlebih, ada baiknya untuk mengevaluasi kembali pola konsumsi Anda dan keluarga.

Untuk dapat mengelola keuangan secara efektif, pastikan Anda dan keluarga selalu mengutamakan kebutuhan utama seperti makan dan minum, serta pengeluaran wajib seperti biaya pendidikan anak dan membayar tagihan.

Jika kebutuhan-kebutuhan di atas sudah terpenuhi, maka Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih efektif dan tidak harus khawatir dengan pengeluaran yang berlebih setiap bulannya. Bahkan, Anda akan dapat memenuhi kebutuhan lain seperti hiburan, investasi, dan asuransi.

3. Gunakan metode 50-30-20

 Seiring dengan perkembangan teknologi, makin banyak orang yang melek dengan berbagai jenis produk finansial. Tiga produk keuangan yang paling diminati adalah tabungan, investasi, dan proteksi atau asuransi. Tak heran, karena ketiga hal tersebut memang sama pentingnya.

Sekilas, mengeluarkan dana untuk ketiga produk keuangan sekaligus mungkin terdengar sulit. Namun Anda bisa melakukannya dengan menggunakan metode 50-30-20.

Metode ini adalah cara untuk membagi pendapatan bulanan dalam bentuk persentase, yaitu 50 persen untuk kebutuhan utama, 30% untuk kebutuhan lain, dan 20% untuk tabungan dan investasi.

Dari 20% itulah, Anda dapat kembali mengelolanya menjadi tiga bagian, misalnya 10% untuk tabungan, 5% untuk investasi, dan 5% untuk asuransi. Dengan metode ini, kebutuhan sehari-hari Anda pun tidak akan terganggu dan Anda dapat tetap mengelola keuangan secara efektif. Mudah bukan?

4. Memiliki tabungan all-in

Sudah melaksanakan metode 50-30-20? Agar Anda dapat menabung, berinvestasi, dan menyetor dana asuransi dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan jenis tabungan all-in!

Umumnya, jenis tabungan ini menawarkan fitur yang memungkinkan Anda untuk menyetor dan menyimpan berbagai macam produk keuangan sekaligus hanya dalam satu rekening saja, termasuk produk tabungan, investasi, serta asuransi, dan lain-lain.

Dengan memanfaatkan rekening all-in, Anda tak perlu lagi repot-repot memiliki lebih dari satu rekening. Sehingga, mengelola keuangan keluarga tak lagi hanya efektif, tapi juga terasa makin praktis.

Kemudahan dalam mengelola keuangan tersebut bisa Anda dapatkan dengan Simpedes BISA, jenis tabungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menghadirkan tiga keuntungan dalam satu tabungan!

Simpedes BISA merupakan tabungan dengan tiga fitur utama yang memberikan kemudahan dalam mengelola tabungan, investasi, dan asuransi secara efektif. Semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam 1 kali pembukaan rekening saja!

Yang pertama ada saving/TRX yang merupakan rekening induk. Kedua, ada fitur investasi yang terdiri dari rekening berjangka dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang memiliki setoran tetap minimum dimulai dari Rp50 Ribu. 

Rekening Berjangka (S4) memiliki ketentuan jangka waktu mulai dari 6 bulan (minimal) sampai dengan 120 bulan. Jenis rekening ini menghadirkan fitur yang memungkinkan Anda untuk menambah sampai dengan tiga akun.

Sementara itu DPLK dapat ditutup ketika Anda berusia minimal 30 tahun atau kepesertaan telah berjalan minimal 1 tahun. Investasi DPLK kemudian dapat berlanjut hingga umur pensiun normal 40 tahun.

Lalu, ada juga fitur proteksi yang berupa asuransi mikro AM-KKM (Asuransi Mikro Kecelakaan Kesehatan Meninggal Dunia), Rumahku, dan Kerusakan Tempat Usaha.

Mulai dengan Simpedes BISA sekarang juga!

Persyaratan untuk membuka tabungan Simpedes BISA adalah sebagai berikut: 1) Warga Negara Indonesia (WNI), 2) Usia minimal 17 tahun, 3) Memiliki identitas diri berupa e-KTP dan NPWP, 4) Memiliki email aktif.

Untuk membuka rekening Simpedes BISA, Anda hanya perlu melakukan setoran awal sebesar minimal Rp50ribu. Yang menarik, Simpedes BISA bebas biaya admin dan tidak ada saldo mengendap! Sebagai nasabah Simpedes BISA, Anda pun akan turut difasilitasi dengan BRIMO dari kartu ATM GPN simpedes Classic/Gold

Dengan menjadi nasabah Simpedes BISA, Anda pun dapat ikut serta dalam berbagai undian Simpedes. Menarik bukan?

Bagi Anda yang merupakan nasabah baru, Anda dapat membuka rekening Simpedes BISA, dengan mengakses Aplikasi BRIMO dan mengklik “Buka Rekening” atau berkunjung ke bukarekening.bri.co.id lalu pilih jenis tabungan Simpedes BISA.

Kemudian, pilih kantor cabang BRI dan siapkan dokumen pembukaan rekening. Anda juga perlu melakukan verifikasi Nomor Handphone dan perekaman video, foto selfie dengan KTP, serta memberikan tanda tangan digital. Pastikan semua data diri terisi dengan lengkap dan checklist Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening sebelum mengkonfirmasi pembukaan rekening.

Nantinya, Anda akan mendapatkan nomor BRIVA untuk melakukan setoran awal sebesar Rp50.000, yang kemudian dapat dilanjutkan dengan pembuatan akun BRIMO untuk menikmati berbagai fasilitas pengaturan keuangan lainnya yang ada di Simpedes BISA!

Sementara itu jika Anda adalah nasabah eksisting CIF, Anda dapat membuka rekening Simpedes BISA lewat Aplikasi BRIMO dengan mengklik menu “Buka Rekening Baru” dan pilih jenis rekening Simpedes BISA.

Setelah itu, pilih rekening eksisting yang akan digunakan untuk Sumber Dana dan ikuti proses pembuatan rekening hingga Anda mendapatkan receipt yang menyebutkan bahwa Rekening Simpedes BISA telah terbentuk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat