androidvodic.com

MRT Jakarta Pasang Tiga Charging Station Bertenaga Surya di TOD Dukuh Atas Sudirman - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - PT MRT Jakarta secara resmi menghadirkan Solar VP Charging Station di Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2022).

Ada tiga Solar VP Charging Station atau tempat pengisian daya bertenaga surya yang tersebar di TOD Dukuh Atas dan dapat dimanfaatkan masyarakat yang menggunakan transportasi massal MRT.

Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud, mengatakan PT MRT Jakarta memiliki tanggung jawab untuk menghadirkan pelayanan yang baik bagi masyarakat, khusus dalam hal pengurai kemacetan menjadi bentuk pelayanan yang juga memiliki dampak dan peran tidak langsung berupa pengurangan emisi karbon.

Baca juga: Profil Dirut PT MRT Jakarta Mohamad Aprindy, Baru Dilantik Anies Baswedan Tapi Dicopot Heru Budi 

"Hal tersebut sejalan dengan target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencapai penurunan efek gas rumah kaca sebesar 30 persen di 2030, serta 100 persen net zero emission di 2050," tutur Farchad saat peresmian Solar VP Charging Station di TOD Dukuh Atas.

Peresmian Solar VP Charging Station di Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas,
Peresmian Solar VP Charging Station di Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2022).

Solar VP Charging Station menyediakan listrik yang bersumber dari energi terbarukan dengan Renewable Energy Certificate PLN.

VP Charging Station merupakan bentuk inovasi MRT Jakarta dalam memperkuat ekosistem transportasi publik dan area kawasan berorientasi transit yang ramah lingkungan.

"Inisiasi ini dimulai di TOD Dukuh Atas dengan harapan dapat dilihat dan dirasakan semua orang, mengingat status kawasan ini sebagai salah satu kawasan TOD percontohan di Indonesia yang dikunjungi masyarakat tidak hanya dari Jakarta namun juga Jabodetabek bahkan dari daerah-daerah lain di Indonesia," ungkapnya.

GM PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy Pangaribuan, menyampaikan PT MRT Jakarta menjadi BUMD pertama yang sudah berkomitmen menggunakan listrik dari energi baru terbarukan.

Baca juga: Lowongan Kerja MRT Jakarta bagi Lulusan S1, Ini Kualifikasinya

"Kami menerbitkan yang namanya Renewable Energy Certificate sebagai bukti sahnya informasi bahwa listrik yang di supply atau digunakan oleh MRT ini berasal dari energi baru terbarukan," jelas Doddy.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Kasi Mitigasi dan Adaptasi Rina Suryani, mengapresiasi langkah yang dilakukan MRT Jakarta.

"Jadi kami dari Pemprov DKI sangat mengapresiasi semua kegiatan masyarakat dan juga dunia usaha yang akan mendukung dan berkontribusi dalam penurunan emisi gas rumah kaca," ucap Rina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat