androidvodic.com

IATA Peringatkan Tarif Pesawat Bisa Naik Lebih Tinggi Imbas Transisi Energi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
News, JENEWA - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memperingatkan kemungkinan harga tiket pesawat yang lebih mahal karena industri penerbangan sedang bergerak menuju target pengurangan emisi menjadi nol bersih pada 2050.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Asosiasi Transportasi Udara Internasional, Willie Walsh hari ini, Selasa (6/12/2022).

Asosiasi Transportasi Udara Internasional, yang mencakup sebagian besar maskapai besar di dunia, menyerukan tindakan yang lebih cepat di Eropa untuk meningkatkan produksi Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF) yang ramah lingkungan.

Tarif penerbangan telah melonjak tahun ini sebagai akibat dari harga yang lebih tinggi untuk bahan bakar jet berbasis fosil konvensional.

"Anda tidak dapat mengharapkan industri menghasilkan keuntungan rata-rata $1 per pelanggan untuk menyerap peningkatan yang telah kami lihat," kata Walsh kepada wartawan pada jumpa pers tahunan, yang dikutip dari Reuters.

"Ke depan saat kita melihat kenaikan biaya karbon...harus ada dampak pada harga tiket karena industri beralih ke nol bersih. Maskapai penerbangan tidak dapat menyerap kenaikan biaya," sambungnya.

Baca juga: Di Garuda Travel Fair, Tiket Pesawat ke Labuan Bajo Mulai dari 1,6 Jutaan

Kelompok peduli lingkungan berpendapat bahwa biaya perjalanan udara yang lebih tinggi akan membantu mengendalikan emisi dengan membatasi pertumbuhan lalu lintas.

Sementara itu, Walsh memuji upaya Amerika Serikat untuk meningkatkan produksi bahan bakar bersih, berbeda dengan pendapat beberapa negara Eropa yang keberatan bahwa insentif baru AS dapat menciptakan "medan permainan yang tidak seimbang".

“Di AS diakui bahwa Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan adalah bagian dari jawabannya dan mereka sangat fokus pada produksi tambahan,” kata Walsh.

Baca juga: Penjualan Tiket Pesawat di Rusia Melonjak 27 Persen Pasca Mobilisasi Perang Ukraina

Walsh menampik langkah "omong kosong" Uni Eropa untuk mewajibkan bandara menawarkan peningkatan pasokan SAF, yang tidak tersedia secara luas.

"Jawaban Eropa untuk masalah ini dapat menghukum orang," katanya.

Parlemen Eropa pada Juli mendukung aturan mengenai bahan bakar penerbangan, yang menetapkan target mengikat untuk penggantian minyak tanah dengan sumber polusi yang lebih sedikit, sambil memperluas bahan bakar ramah lingkungan.

Di Amerika Serikat, pemerintahan Joe Biden telah meluncurkan tantangan untuk memasok setidaknya 3 miliar galon SAF per tahun pada 2030.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Menhub Minta Maskapai Jalankan Efisiensi dan Berikan Diskon

Sektor penerbangan dianggap salah satu yang paling sulit untuk didekarbonisasi, karena bahan bakar untuk penerbangan tidak dapat dengan mudah diganti dengan jenis bahan bakar lain.

Undang-Undang Pengurangan Inflasi AS tahun ini mencakup subsidi yang signifikan untuk industri SAF dalam bentuk kredit pajak, namun para pemimpin industri penerbangan Eropa termasuk kepala produsen pesawat Airbus mengatakan undang-undang tersebut terasa tidak adil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat