androidvodic.com

Morgan Stanley Prediksi Aktivitas Ekonomi China Akan Menggeliat pada Awal Maret 2023 - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, NEW YORK – Morgan Stanley  telah meningkatkan prospek ekonomi China untuk tahun depan, dengan memprediksi rebound aktivitas akan terjadi lebih awal dan lebih tajam dari yang diperkirakan.

Dikutip dari CNBC, perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan itu juga meningkatkan perkiraannya untuk produk domestik bruto (PDB) China menjadi 5,4 persen dari perkiraan sebelumnya sebesar 5 persen.

“Kami sebelumnya mengharapkan rebound pada akhir kuartal II tahun depan. Sekarang kami memproyeksikan peningkatan mobilitas mulai awal Maret,” kata perusahaan itu, sembari menambahkan bahwa perusahaan mengharapkan untuk melihat“peningkatan mobilitas yang lebih cepat dan lebih tajam yang tercermin dalam ekonomi mulai kuartal II tahun depan.

Baca juga: IMF: Perlambatan Ekonomi China Berdampak Negatif Bagi Asia

Peningkatan prospek muncul setelah perusahaan menaikkan peringkat rekomendasinya untuk ekuitas China menjadi “lebih berat” dari bobot yang sama awal bulan ini karena optimisme yang dibuka kembali, menandai berakhirnya sikap yang dipegangnya selama hampir dua tahun.

Pemerintah China juga beralih untuk memprioritaskan pertumbuhan ekonomi, pilar lain di balik perkiraan revisi Morgan Stanley untuk prospek ekonomi negara tersebut.

“Dari sudut pandang kami, pembuat kebijakan mengambil tindakan bersama untuk mengangkat pertumbuhan di semua lini,” kata perusahaan itu.

“Ini adalah pertama kalinya sejak 2019 di mana kebijakan makro domestik dan manajemen Covid diselaraskan dalam mendukung pemulihan pertumbuhan, alih-alih bertindak sebagai kekuatan penyeimbang,” imbuhnya.

Sementara itu, Morgan Stanley juga melihat nilai tukar mata uang Yuan China terlalu rendah.

"Di FX, kami tidak percaya bahwa pasar menghargai pembukaan kembali perdagangan sepenuhnya," kata perusahaan itu, menambahkan bahwa pedagang valas secara historis mengubah kepemilikan dolar AS mereka menjadi yuan China sementara mata uang dalam negeri lebih kuat.

“Mengingat apresiasi mata uang Yuan China baru-baru ini, mereka sekarang memiliki lebih banyak insentif untuk mengonversi, mendorong mata uang tersebut lebih kuat, terutama sebelum tahun baru imlek ketika mereka harus membayar gaji dan bonus,” kata para ekonom dalam catatan tersebut.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19 Picu Panic Buying, Warga China Menggila Borong Obat Hingga Buah Persik

Adapun, salah satu risiko yang diakui Morgan Stanley adalah potensi penarikan dukungan kebijakan.

Selama proses pembukaan kembali China, analis memperkirakan lonjakan infeksi Covid-19. Peningkatan rawat inap yang cepat dan tekanan pada sistem perawatan kesehatan masyarakat mungkin dapat menyebabkan pejabat di China memikirkan kembali sikap kebijakan mereka.

“Penarikan dukungan kebijakan yang lebih awal dari perkiraan seperti penurunan tajam dalam pengeluaran infrastruktur, pengetatan kebijakan moneter, atau pengetatan kebijakan regulasi dapat melemahkan pertumbuhan,” katanya.

Bidang ketidakpastian lain untuk prospek pertumbuhan Morgan Stanley terdapat pada masalah geopolitik.

"Munculnya kembali ketegangan geopolitik jauh lebih awal juga dapat memicu lonjakan premi risiko ekuitas China,"pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat