androidvodic.com

Pengamat: Palm Co Punya Harapan Tumbuh Besar Sebagai Anak Usaha BUMN - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menilai peluang Palm Co meningkatkan kapasitas bisnis akan lebih kuat setelah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menurutnya, langkah initial public offering atau (IPO) yang bakal dilakukan sub Holding PTPN Group tersebut keputusan tepat.

"Jadi Palm Co punya harapan tumbuh besar ke depan dengan status sebagai anak usaha BUMN," jelas Toto Pranoto dalam keterangannya, Sabtu (7/1/2023).

Baca juga: Rencana IPO Palm Co Akan Tambah Kapitalisasi Saham di Bursa Domestik

Lebih jelas, Toto memaparkan dengan menjadi perusahaan terbuka, ada tiga manfaat yang akan bisa dinikmati Palm Co.

Pertama, mendapatkan dana segar dari penawaran saham perdana initial public offering atau (IPO) yang dibutuhkan untuk ekspansi bisnis.

"Dengan menjadi perusahaan terbuka, maka beberapa advantage bisa dinikmati BUMN atau anak BUMN. Pertama mendapatkan dana segar IPO yang dibutuhkan untuk ekspansi usaha," terangnya.

Kedua, setelah menjadi perusahaan terbuka, maka kualitas tata kelola perusahaan akan semakin baik karena ada standar transparansi dan pengawasan dari pemegang saham maupun dari regulator secara berkala.

Dengan demikian, Palm Co tidak akan mudah diintervensi oleh pihak manapun yang dapat mengganggu dan membebani kinerja keuangan perusahaan.

"Menjadi perusahaan terbuka berarti akan meningkatkan kualitas governance perusahaan, sehingga intervensi dari pihak manapun bisa lebih diminimalisir," jelas Toto.

Manfaat ketiga, sebagai perusahaan terbuka kinerja Palm Co akan terus dituntut tetap prima agar tidak ditinggalkan investor.

Kegiatan perusahaan dilakukan secara terbuka dengan melaporkan aksi korporasi dan laporan keuangan kepada publik secara berkala.

"Sebagai perusahaan terbuka akan dituntut performance yang prima, sehingga akan terus dilirik investor," tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat